Penyuluhan wawasan kebangsaan di lokasi TMMD 109 Kodim Bandarlampung

id lampung, kodim 0410, bandarlampung, tni

Penyuluhan wawasan kebangsaan di lokasi TMMD 109 Kodim Bandarlampung

Personel Kodim 0410 Kota Bandarlampung melakukan penyuluhan wawasan kebangsaan kepada warga di sekitar lokasi TMMD, di Kelurahan Garuntang, Kecamatan Bumi Waras, Kota Bandarlampung. (ANTARA/HO)

Perjuangan para pendiri negeri ini harus kita hormati, jangan sampai disia-siakan

Bandarlampung (ANTARA) - Personel Kodim 0410 Kota Bandarlampung melakukan penyuluhan wawasan kebangsaan bagi warga di sekitar lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kelurahan Garuntang, Kecamatan Bumi Waras, Kota Bandarlampung.

“Penyuluhan ini bertujuan untuk menanamkan cinta Tanah Air dan pengetahuan tentang negara kita yang sangat luas dan kaya akan kekayaan budaya dan sumber daya alam, sehingga kita harus menjaganya,” kata Dandim 0410 Kota Bandarlampung Kolonel Inf Romas Herlandes, di Bandarlampung, Senin.

Menurutnya, wawasan kebangsaan ini menjelaskan sejarah Indonesia dari masa ke masa, mulai Kerajaan Sriwijaya hingga masa Kerajaan Majapahit.

Selain itu, dijelaskan pula sejarah masa penjajahan, kebangkitan nasional, sumpah pemuda, perang merebut kemerdekaan  hingga masa setelah Indonesia merdeka. 

“Perjuangan para pendiri negeri ini harus kita hormati, jangan sampai disia-siakan,” katanya pula.

Romas mengajak masyarakat untuk lebih mengerti, memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila, karena tujuan dari wawasan kebangsaan adalah untuk meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.
Baca juga: Wali Kota Bandarlampung buka TMMD ke-109
Baca juga: Wali Kota Bandarlampung minta warga jaga hasil karya bakti TNI