Donasi dari netizen ke rumah sakit di Gaza tersalurkan

id Donasi dari netizan, Gaza, Dompet Dhuafa

Donasi dari netizen ke rumah sakit di Gaza tersalurkan

Donasi dari netizen ke rumah sakit di Gaza tersalurkan. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa

Kami bersyukur telah menerima amanah kemanusiaan dari Mizan untuk Palestina.
Palestina (ANTARA) -
Dukungan yang amat besar dari masyarakat Indonesia dalam usaha untuk memberikan bantuan tanggap darurat terkait situasi bencana kemanusiaan di Palestina bersama Dompet Dhuafa, terus mengalir.

Merespons dengan cepat keadaan darurat tersebut, walaupun dihadapkan pada berbagai keterbatasan, Dompet Dhuafa tetap berusaha mengalirkan kebaikan dari para donatur dan mitra mereka kepada penduduk Gaza.
 
Perang dan blokade di Palestina, khususnya di wilayah Gaza Utara, yang terhitung sudah lebih dari 200 hari dilakukan oleh Israel sejak 7 Oktober 2023 membuat layanan rumah sakit tidak dapat berjalan dengan optimal. Kurangnya bahan bakar dan rusaknya jaringan listrik membuat fasilitas kesehatan tidak dapat berfungsi. Ribuan orang yang terluka dan memerlukan intervensi medis tidak dapat memperoleh bantuan apa pun karena kekurangan bahan bakar. Banyak anak-anak dan bayi meninggal karena ICU dan pasokan oksigen tidak berfungsi.
 
Alhamdulillah, pada Rabu (31/1), Dompet Dhuafa kembali memberikan bantuan kemanusiaan bagi warga Palestina berkat kerja sama dengan PT Mizan Publika. Kali ini, bantuan yang diberikan berupa 3.000 liter bahan bakar yang akan dipergunakan untuk kebutuhan operasional di RS Kamal Adwan dan RS Awda di Gaza Utara. 
 
Bahan bakar ini esensial dalam proses produksi oksigen untuk RS Kamal Adwan dan RS Awda, serta berperan penting dalam menjaga fungsi optimal ICU, NICU, PICU, dan ruang operasi selama minimal 8-10 hari.
 
Kepada jajaran Dompet Dhuafa, Irfan Bagir selaku GM New Media & Digital Initiative PT Mizan Publika mengatakan bahwa Mizan mengusung aksi kemanusiaan bersama para pembaca (Netizen) untuk rakyat Palestina. Mizan mengadakan program donasi kemanusiaan melalui setiap pembelian buku Mizan Group pada periode 23-30 November 2023. Di mana, 100 persen dari laba tersebut akan didonasikan untuk Palestina.
 
“Tagar #NetizanforHumanity ada karena kami rasa di awal peristiwa banyak yang masih takut bersuara. Akhirnya kami beranikan, Mizan peduli bersuara. #NetizanforHumanity menjadi simbol aksi kemanusiaan Mizan bersama para pembaca setia untuk Palestina. Genosida yang dilakukan Israel pada Palestina merupakan tindakan biadab,” ujar Irfan.
 
Ya, bantuan yang telah disalurkan ini merupakan hasil dari aksi kemanusiaan bersama Netizen untuk rakyat Palestina. Mengusung tagar #NetizanforHumanity, Mizan Group mengadakan program donasi kemanusiaan melalui setiap pembelian buku Mizan Group pada periode 23—30 November 2023. Di mana, 100 persen laba akan didonasikan untuk Palestina. Seluruh donasi yang terkumpul telah diserahkan kepada Dompet Dhuafa pada Rabu (24/1) di Gedung Philanthropy, Jakarta Selatan.
 
“Kami bersyukur telah menerima amanah kemanusiaan dari Mizan untuk Palestina. Ini menjadi sinergi pertama kami yang semoga membuka pintu kebaikan yang lain, yang manfaatnya lebih luas lagi. Dompet Dhuafa terbuka untuk segala peluang sinergi kebaikan untuk menguatkan semua elemen yang ada dari ide-ide yang terlontar,” kata Etika Setiawanti selaku Sekretaris Yayasan Dompet Dhuafa Republika.
 
 
Tentang Dompet Dhuafa
 
Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Sudah berjalan lebih tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. (Berita Kerja Sama)
Baca juga: Dompet Dhuafa Yogyakarta edukasi siaga bencana gempa bumi pada siswa TK
Baca juga: Dompet Dhuafa terus dukung pendidikan Indonesia melalui beasiswa YES