TNI-Pemkot Bandarlampung gelar karya bakti cegah banjir

id Lampung,TNI,Bandarlampung,Kodim 0410/KBL,Karya Bakti

TNI-Pemkot Bandarlampung gelar karya bakti cegah banjir

Personel TNI dari Kodim 0410/KBL sedang membersihkan lingkungan di saluran air dalam rangka karya bakti mencegah banjir. Bandarlampung, Jumat, (8/12/2023). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Personel TNI dari Kodim 0410 bersama Pemkot Kota Bandarlampung menggelar karya bakti membersihkan saluran air di Jalan Nusa Jaya Kecamatan Sukarame.

"Kegiatan ini dilakukan sebagai antisipasi banjir, karena sekarang sudah memasuki musim penghujan," kata Kepala Staf Kodim 0410/KBL Letkol Inf Hendri Ginting, Jumat.

Dia mengatakan bahwa sasaran dari kegiatan karya bakti ini adalah membersihkan sampah-sampah yang menghambat aliran air, sehingga diharapkan ketika hujan datang dapat mengurangi luapan air.

"Tentunya ke depan program ini akan berlanjut di lokasi lainnya. Pada kegiatan karya bakti ini kami bukan saja membersihkan saluran air tapi juga membantu membersihkan daerah kumuh seperti pasar-pasar," kata Letkol Hendri.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkot Bandarlampung Sukarma Wijaya mengatakan sasaran kegiatan bersama Kodim 0410/KBL adalah saluran sungai atau anak sungai yang banyak sampah dan limbah rumah tangga.

"Kalau dilihat saluran air selama musim kemarau ada gulma yang mengendap, itu juga akan menimbulkan persoalan seperti banjir dan juga wabah penyakit," katanya.

Dia berharap kegiatan yang dilakukan bersama TNI dan juga dibantu masyarakat ini dapat bermanfaat.

"Jadi pada giat karya bakti ini ada juga momen pentingnya, seperti sinergitas TNI dan masyarakat yang difasilitasi pemerintah, bahu membahu demi kepentingan bersama. Tentu harapannya semua kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri," kata dia.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandarlampung Budiman P Mega menyebutkan bahwa pada kegiatan ini personel kebersihan yang diturunkan sebanyak 80 orang.

"Selain itu kami juga menurunkan alat berat untuk mengangkut sampah-sampah di sepanjang saluran air," kata dia.