9.484 calon mahasiswa berebut masuk ULM lewat jalur UTBK

id Universitas Lambung Mangkurat , ULM, SNBT, UTBK SNBT ULM, SNBT ULM,Iwan Aflanie

9.484 calon mahasiswa berebut masuk ULM lewat jalur UTBK

Pelaksanaan UTBK-SNBT tahun 2024 di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (30/4/2024). (ANTARA/Firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Sebanyak 9.484 orang berebut masuk Universitas Lambung Mangkurat (ULM) lewat jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) tahun 2024 yang hari ini dimulai serentak oleh perguruan tinggi negeri (PTN) se-Indonesia.

"Para calon mahasiswa baru ini memilih 68 program studi sarjana yang tersedia di ULM," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Iwan Aflanie di Banjarmasin, Selasa.

Untuk pelaksanaan tes, ULM menyediakan 24 ruang ujian dengan membagi peserta dalam 13 sesi.

Pada sesi pertama hari ini ada 755 orang dijadwalkan mengikuti tes, namun 27 orang tidak hadir.

Adapun materi tesnya terdiri dari tes potensi skolastik, literasi dalam bahasa Indonesia, literasi dalam bahasa Inggris dan penalaran matematika.

Iwan berharap di jalur SNBT bisa maksimal terserap calon mahasiswa baru sebagaimana kuota tersedia paling besar dibandingkan jalur lainnya yakni Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan jalur mandiri.

Untuk SNBT minimal 40 persen dari daya tampung ULM yang menyiapkan kuota penerimaan calon mahasiswa baru tahun ini sebanyak 7.213 orang.

"Artinya ada sekitar 3.513 orang diterima jalur SNBT, sedangkan SNBP lalu kita sudah menerima 1.820 orang lolos seleksi," ungkapnya.

Bagi yang tidak lolos di SNBT, ULM sebagai kampus unggul di Kalimantan Selatan dan terbesar di pulau Kalimantan memiliki 40 ribu mahasiswa masih membuka kesempatan di jalur seleksi mandiri dengan kursi tersedia sekitar 1.880 orang.
Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Iwan Aflanie (kemeja putih) meninjau pelaksanaan UTBK-SNBT tahun 2024 di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Banjarmasin. (ANTARA/Firman)