Desa Kelawi Desa BRILiaN Hijau terkenal dengan bank sampah

id lampung, pantai minan rua, minang rua, bank sampah, BRILiaN, Desa BRILiaN, BRI,Desa kelawi

Desa Kelawi Desa BRILiaN Hijau terkenal dengan bank sampah

Keindahan Pantai Minang Ruang yang ada di Desa Kelawi merupakan salah satu desa yang meraih penghargaan sebagai Desa BRILiaN Hijau tahun 2023 dari BRI yang terkenal dengan bank sampah. ANTARA/HO

Banyak objek wisata yang bisa dinikmati bagi para wisatawan yang mau berkunjung ke Desa Kelawi. Mulai dari pantai, grand canyon, air terjun, dan lainnya.

Bandarlampung (ANTARA) - Desa Kelawi di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung merupakan  salah satu desa wisata yang berhasil meraih penghargaan, sebagai Desa BRILiaN Hijau 2023 oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Sekretaris BUMDes Rian Haikal mengatakan, pengembangan pariwisata lokal yang ada di Desa Kelawi membuat desa ini menjadi salah satu dari sekian banyak desa BRILiaN yang meraih penghargaan BRI pada tahun 2023 lalu.

Desa Kelawi memiliki banyak potensi alam, ekonomi dan wisata. Bahkan, kini Desa Kelawi sudah cukup dikenal oleh para pelancong karena keindahan salah satu pantai yang ada, yaitu Pantai Minang Rua.

Pantai Minang Rua selain indah dan bagus, di Desa Kelawi juga memiliki wisata lain yang dapat dinikmati oleh para pengujun seperti Green Canyon, Taman Bawah Laut, Air Terjun Jamara, Air Terjun Khaja Saka, Batu Alif, dan Goa Lalay. Ada juga jumping spot yang dapat memacu adrenalin para pelancong penggemar wisata ekstrem.

“Banyak objek wisata yang bisa dinikmati bagi para wisatawan yang mau berkunjung ke Desa Kelawi. Mulai dari pantai, grand canyon, air terjun, dan lainnya,” katanya pula.

Menurutnya, seluruh wisata bahari di Desa Kelawi dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kelawi Mandiri bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Ia menjelaskan, dengan berbagai pengembangan potensi dan inovasi, Desa Kelawi dianugerahi penghargaan sebagai Desa BRILiaN Hijau 2023. Potensi wisata itu pun dimaksimalkan oleh masyarakat yang juga pelaku UMKM guna mendorong roda perekonomian. 

Desa Kelawi meraih penghargaan sebagai desa BRILiaN Hijau tahun 2023 dari BRI. ANTARA/HO

Beberapa UMKM yang terdapat di Desa Kelawi adalah UMKM camilan ikan teri dan kerajinan yang dihasilkan dari bank sampah.

“Desa Kelawi bekerja sama dengan BRI untuk mengatasi masalah sampah dengan menghadirkan bank sampah. Melalui bank sampah, sampah-sampah plastik dari laut dikembangkan,” katanya.

Berkat kerja sama tersebut, kegiatan ekonomi masyarakat Desa Kelawi pun bertambah. Selain itu, penyediaan bank sampah pada akhirnya dapat mendorong kebersihan, keamanan, dan kenyamanan Desa Wisata Kelawi.

“Jadi dari mengolah sampah, ada penambahan ekonomi dari bank sampah dan hasilnya masuk ke rekening masing-masing nasabah bank sampah serta langsung ditabung di BRI,” ujar Rian.
Baca juga: Sandiaga resmikan Desa Kelawi Lampung jadi desa wisata terbaik
Baca juga: Desa Kelawi, Lampung Selatan raih penghargaan Desa Hijau pada Nugraha Desa BRILiaN