10.160 peserta UTBK SNBT Ujian di USK

id SNBT,USK,universitas syiah kuala,ujian masuk perguruan tinggi negeri

10.160 peserta UTBK SNBT Ujian di USK

Wakil Rektor Bidang Akademik USK, Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si., IPU., meninjau pelaksanaan UTBK-SNBT 2024 yang berlangsung di kampus setempat (ANTARA/ HO-Humas USK)

Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 10.160 orang peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) mengikuti ujian di Kampus Universitas Syiah Kuala (USK) yang tersebar 13 titik lokasi ujian.

“Ujian SNBT ini adalah kesempatan bagi anak-anak kita untuk masuk PTN pilihannya. Jadi kami ingatkan agar peserta ujian mempersiapkan diri sebaik mungkin,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik USK Prof Agussabti di Darussalam, Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela meninjau langsung pelaksanaan ujian yang dimulai pada 30 April sampai dengan 7 Mei 2024 di Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh.

Ia menjelaskan setiap hari ada dua sesi ujian yang dilaksanakan dari total 14 sesi ujian di USK yakni sesi pertama dimulai dari pukul 06:45 – 10:30 WIB, kedua dilanjutkan pada pukul 13:00–16:45 WIB.

“Alhamdulillah pelaksanaan ujian SNBT di hari pertama ini berjalan baik dan lancar. Sebagian peserta yang hadir tidak hanya berasal dari Banda Aceh, tetapi ada juga yang berasal dari kabupaten/kota di Aceh lainnya termasuk dari luar Provinsi Aceh,” katanya.

Ia juga berpesan kepada seluruh peserta agar bersungguh-sungguh dalam menjawab soal serta tidak lupa berdoa, agar usaha mereka untuk masuk perguruan tinggi negeri mendapatkan hasil yang optimal.

“Bagi peserta yang belum mengikuti agar datang ke lokasi ujian lebih awal serta memperhatikan seluruh persyaratan ujian SNBT,” katanya.

Pada tahun akademik 2024/2025 USK menyediakan kuota mahasiswa baru sebanyak 10.240 orang dari tiga jalur penerimaan masing-masing 30 persen untuk jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), 35 persen SNBT dan 35 persen jalur seleksi Mandiri.