Kasrem 043/Garuda Hitam tutup TMMD ke-117 Kodim 0429 Lampung Timur

id Kasrem Garuda Hitam, Kodim 0429 Lamtim, TMMD, Sumber Marga

Kasrem 043/Garuda Hitam tutup TMMD ke-117 Kodim 0429 Lampung Timur

Kasrem 043/Garuda Hitam Kolonel Inf Prasetyo menutup TMMD ke-117 Kodim 0429/Lampung Timur, di Desa Sumber Marga, Kecamatan Way Jepara, Lampung Timur. ANTARA/HO-Penerangan Kodim 0429 Lampung Timur

Lampung Timur (ANTARA) - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-117 Kodim 0429/Lampung Timur TA 2023 di Desa Sumber Marga, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur secara resmi ditutup Kasrem 043/Garuda Hitam Kolonel Inf Prasetyo, Kamis.

Rilis Penerangan Kodim 0429 Lampung Timur, Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Hilman Hadi dalam amanatnya yang dibacakan Kolonel Inf Prasetyo mengatakan TMMD ke-117 dilaksanakan serentak di 5 kabupaten dan kota, yakni Bengkulu wilayah Korem 041/Gamas, Kabupaten Muara Bungo wilayah Korem 042/Gapu, Kabupaten Lampung Utara dan Lampung Timur wilayah Korem 043/Gatam, serta Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) wilayah Korem 044/Gapo.

"TMMD  Ke-117 TA. 2023 merupakan program yang dilaksanakan lintas sektoral dengan melibatkan pemda, Polri, instansi terkait dan masyarakat setempat yang bertujuan untuk membantu pemerintah daerah guna mempercepat akselerasi pembangunan di daerah, terutama membangun infrastruktur, membuka daerah yang terisolir dan tertinggal guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta untuk kepentingan pertahanan dan tetap terpelihara kemanunggalan TNI-rakyat. Hal Ini selaras dengan tema yang diangkat yaitu 'Sinergi Lintas Sektoral 
mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat,” ujar Pangdam.

Pangdam menambahkan, keberhasilan TMMD ke-117 yang dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan, baik dari segi sasaran fisik dan non fisik yang hasilnya dirasakan oleh masyarakat tidak lepas dari dukungan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota serta segenap elemen masyarakat. 

"Oleh karena Itu, selaku pengendali kegiatan operasional TMMD, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para gubernur serta forkopimda provinsi, kapolda beserta jajarannya, bupati, wali kota, beserta forkopimda kabupaten dan kota, instansi kementerian terkait dan khususnya kepada seluruh masyarakat yang telah bahu-membahu bersama prajurit TNI mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran pelaksanaan TMMD ke-117 tahun 2023 Ini," katanya pula.

Pangdam mengatakan, semangat kebersamaan serta gotong royong yang terpancar di setiap wajah dan cucuran keringat masyarakat serta aparat yang bersama-sama bekerja di lapangan, menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan kesejahteraan masyarakat.

Semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara. Kemanunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan nasional yang kokoh.

"Mewakili seluruh prajurit dan Satgas TMMD Ke-117, saya memohon maaf apabila selama pelaksanaan TMMD ada tingkah laku dan tindakan yang kurang berkenan di hati masyarakat. Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan petunjuk dan lindungan-Nya kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian kepada Bangsa dan Negara," ujarnya pula.

Terakhir, Panglima Kodam berpesan agar kebersamaan dan kemanunggalan TNI- Polri-Rakyat jangan mudah terprovokasi oleh pihak manapun yang bertujuan  merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

"Tingkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama sebagai realisasi semangat gotong-royong yang merupakan warisan asli budaya bangsa kita. Pelihara hasil-hasil program TMMD e-117 Ini dengan sebaik-baiknya agar manfaatnya dapat dirasakan dalam kurun waktu yang lama," katanya lagi.
Foto bersama Kasrem 043/Garuda Hitam Kolonel Inf Prasetyo pada penutupan program TMMD ke-117 Kodim 0429/Lampung Timur di Desa Sumber Marga, Kecamatan Way Jepara, Lampung Timur. ANTARA/Penerangan Kodim 0429 Lampung Timur



Hadir pada acara ini Dansatgas TMMD Letkol Czi Indra Puji Triwanto SH, Bupati Lampung Timur Dawam Raharjo, Kapolres Lampung Timur AKBP M Rizal Muchtar, Kepala BNN Lamtim Raden Gunawan, Anggota DPRD Lamtim Imam Zaky, Perwakilan TNI AL Serma Antoro, Ketua Pengadilan Agama Lamtim Noor Hidayat, Ketua NU Lamtim Gus Dardiri Ahmad, Ketua GP Ansor Muslih, Sekretaris PP Oktavianus ( Sekretaris Ormas PP), Forkopimcam Way Jepara, Kades Sumber Marga, Ketua Persit KCK Cab LIV dan Ketua Bhayangkari Lamtim.

Pada acara tersebut, dilaksanakan penyerahan bingkisan kepada anak stunting. Kasrem 043/Gatam didampingi dansatgas serta forkopimda meninjau sasaran fisik TMMD, menyerahkan kunci secara simbolis hasil bedah rumah (RTLH) serta meresmikan TPA dan mushala.