Agar hasil tangkapan ikan meningkat, PHE OSES bersama nelayan pasang rumpon di perairan Lampung Timur

id PHE OSES, Pertamina, Lampung Timur, Nelayan, Rumpon

Agar hasil tangkapan ikan meningkat, PHE OSES bersama nelayan pasang rumpon di perairan Lampung Timur

PHE OSES bersama nelayan pasang rumpon di perairan Lampung Timur. FOTO ANTARA/HO-PT PHE OSES.

Margasari, Lampung Timur (ANTARA) - PHE OSES bersama Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Lampung, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Lampung Timur, Kelompok Usaha Bersama (KUB) Cahaya Bintang Samudra dan Pokmaswas Jaya Bahari Abadi Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur, telah melaksanakan pemasangan rumpon di perairan Desa Margasari, Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur.

Pemasangan pertama dilakukan pada 25 Februari 2024, pemasangan kedua pada 16 Maret 2024. 

Meskipun terjadi penundaan akibat faktor cuaca, pemasangan kedua jenis rumpon berjalan lancar. Sebanyak 4 rumpon masing-masing diangkut menggunakan kapal dan dipasang sesuai dengan rekomendasi dari DKP Provinsi Lampung.

Pemasangan rumpon ini bertujuan untuk menjaga keberlangsungan hidup ikan serta sebagai upaya meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat. Dari segi ekonomi, pemasangan rumpon ini juga memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat setempat. Rumpon yang dipasang di dalam perairan tersebut berperan sebagai alat bantu untuk tempat berkumpulnya ikan. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan populasi ikan di perairan sekitar. 

Adanya titik-titik rumpon yang menjadi atraktor bagi ikan-ikan dapat diidentifikasi dengan mudah sehingga nelayan bisa menghemat bahan bakar dan biaya perjalanan saat melaut. Hal in diharapkan mampu meningkatkan pendapatan dan memperkuat ketahanan perekonomian lokal. 

Indra Darmawan, Head of Communication, relation & CID PHE OSES, melalui keterangan tertulis di Lampung Timur, Jumat, 26 April 2024, menyatakan penanaman rumpon di perairan Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai ini merupakan upaya untuk mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan di sekitar wilayah operasi PHE OSES. 

Langkah ini menegaskan keseriusan para pihak dalam mendukung keberlangsungan sumber daya ikan lokal, meningkatkan jumlah tangkapan dan menghemat biaya operasioanal nelayan secara berkelanjutan, serta turut berkontribusi menjaga ekosistem laut.

Terpisah, Ketua Pokmaswas Jaya Bahari Abadi Desa Margasari Aab Ubadilah menyatakan terima kasih atas perhatian PT. PHE OSES terhadap nelayan.

Aab Ubaidilah mengatakan adanya rumpon-rumpon itu menjadi spot atau tempat baru berkumpulnya ikan.

"Adanya pemasangan rumpon-rompon menambah spot-spot baru ikan. Nelayan punya banyak pilihan spot ikan, ikan bertambah banyak," ujar Aab.

Aab mengatakan, pemasangan rumpon-rumpon tersebut turut mendukung program  Perikanan Rajungan Berkelanjutan di perairan pesisir timur Lampung yang digulirkan Pemrov Lampung.