Dompet Dhuafa Lampung distribusikan ratusan Al-Quran di Mesuji

id Dompet Dhuafa Lampung, Mesuji, Alquraan

Dompet Dhuafa Lampung distribusikan ratusan Al-Quran di Mesuji

Dompet Dhuafa Lampung distribusikan ratusan Al-Quran di Mesuji. FOTO ANTARA/HO-DOMPET DHUAFA LAMPUNG.

Kami terus berupaya dan merespon kebutuhan-kebutuhan Al-Quran di seluruh Provinsi Lampung, ujar Yogi
Mesuji (ANTARA) - Dilansir dari penelitian internal Kementerian Agama RI, setiap tahunnya Indonesia membutuhkan sekitar enam juta mushaf Al-Quran. 

Faktanya, sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, persediaan kitab suci Al-Quran Indonesia masih sangat jauh dari kebutuhan di masyarakat.

Hingga saat ini, beberapa wilayah di penjuru Lampung, masih terdapat banyak masjid, musala, TPA, hingga pondok pesantren yang kekurangan Al-Quran.

Merespon kondisi tersebut, Yogi Achmad Fajar Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Lampung berkomitmen untuk membantu berbagai wilayah yang kekurangan Al-Quran.

"Menjelang akhir tahun 2023, kami akan terus meluaskan kebermanfaatan dan membantu mencetak generasi qurani melalui program Sedekah Al-Quran. Kami terus berupaya dan merespon kebutuhan-kebutuhan Al-Quran di seluruh Provinsi Lampung," ujar Yogi.

Atas semangat menyampaikan amanah donatur, tim Dompet Dhuafa Lampung menempuh jalan kurang lebih 200 km untuk menyalurkan Al-Quran pada Kamis, 28 Desember 2023.

Sebanyak 130 Al-Quran, 95 iqro dan 95 Juz Amma disalurkan di empat lokasi yang terletak di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung.

Masing-masing tempat mendapatkan bantuan dengan jumlah yang beragam menyesuaikan dengan kebutuhannya. 

Lokasi pertama yakni Pondok Pesantren Darussalamah Asshodiqiyah. Pondok yang terletak di Gedung Srimulyo, Kecamatan Way Serdang ini menerima 30 Al-qur'an, 15 iqro dan 15 Juz Amma.

Kemudian lokasi kedua yakni Pondok Pesantren Darun Najah yang terletak di Desa Gedung Boga, Kecamatan Way Serdang. Bantuan sejumlah 40 Al-qur'an dan 20 Juz Amma diberikan untuk mendukung pembelajaran anak-anak.

Selanjutnya, di lokasi ketiga penyaluran, Dompet Dhuafa Lampung memberikan bantuan sebanyak 40 Al-Quran, 65 Iqro dan 60 Juz amma kepada TPA Al Huda, Desa Bujung Buring Baru, Kecamatan Tanjung Raya.

Lokasi keempat sekaligus terakhir, terletak di TPA Nurul Iman, Desa Rejobinangon, Kecamatan Simpang Pematang. Di lokasi terakhir ini, Dompet Dhuafa Lampung memberikan bantuan 20 Al-Quran dan 15 iqro.

Maskur, Pengasuh TPA Al Huda bersyukur dan mengapresiasi bantuan yang telah diberikan.  

"Alhamdulillah, terima kasih sudah datang jauh-jauh ke desa kami. Terima kasih telah memperhatikan kami dan telah membantu mencetak generasi yang akhlakul karimah. Semoga nanti bermanfaat bagi anak-anak sekalian," ucapnya.