PLN Lampung berkomitmen dukung pengembangan sektor pendidikan

id pln, pln uid lampung, hari pendidikan, sektor pendidikan

PLN Lampung berkomitmen dukung pengembangan sektor pendidikan

Sekolah Menengah Kejuruan Bina Latih Karya (SMK BLK) Bandarlampung

Bandarlampung (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung berkomitmen untuk turut mendukung pengembangan sektor pendidikan di daerah setempat melalui kesepakatan dengan Sekolah Menengah Kejuruan Bina Latih Karya (SMK BLK) Bandarlampung.

"Sejalan dengan hal tersebut, kami bersama sepakat menandatangani kerja sama pendidikan kurikulum berbasis kompetensi industri," kata Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum (KKU) PLN UID Lampung, Wahyudi, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan, PLN sangat mendukung kegiatan-kegiatan khususnya pengembangan dunia pendidikan, sejalan dengan salah satu misi yang diemban PLN selaku BUMN penyedia layanan kelistrikan yaitu menjadikan energi listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Selain itu, Wahyudi juga menuturkan, dukungan PLN dalam dunia pendidikan bukan sebatas momentum kerja sama dengan SMK BLK Bandarlampung, karena setiap tahun PLN UID Lampung telah berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan bahkan hingga ke Pulau Sebesi.

Sebelumnya, pada 2023, PLN melakukan pengembangan keterampilan dan keahlian motor listrik bagi SMK jurusan otomotif di Kotabumi Lampung Utara dan membangun laboratorium komputer di SD Negeri di Pulau Sebesi, Lampung Selatan.

"Kemudian, tahun 2022, kami juga ikut membangun PAUD di Bandar Abung dan Perpustakaan Desa di Desa Wiratama Kabupaten Tulang Bawang," tambah Wahyudi.

Sementara, Kepala SMK BLK Bandarlampung Riyanto mengatakan langkah kerja sama bersama PLN merupakan upaya pihaknya dalam melakukan pengembangan pembelajaran berbasis industri dan dunia kerja. 

"Bertepatan Hari Pendidikan Nasional, kami bersama PLN bersepakat untuk melaksanakan kerja sama yang dilandasi MoU. Harapannya, kerja sama ini dapat menambah pembelajaran pengembangan khususnya jurusan TJTL (Teknik Jaringan Tenaga Listrik), serta penyelarasan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan industri," ujarnya.

Mengenai bentuk kerja sama yang disepakati antara PLN dan SMK BLK, Riyanto menjelaskan beberapa diantaranya menghadirkan guru tamu dan guru magang serta memberikan kesempatan PKL bagi siswa BLK serta pengembangan sarana prasarana pembelajaran di SMK BLK.

"Semoga adanya kerja sama ini, dapat berkontribusi dalam pengembangan pembelajaran jurusan TJTL bagi SMK BLK, sehingga siswa kami dapat berkontribusi terhadap kelistrikan yang ada di khususnya Lampung dan di Indonesia secara umumnya," tutupnya.

Baca juga: PLN Lampung pastikan listrik aman untuk nonton semifinal Piala Asia

Baca juga: Akhiri masa siaga, PLN sukses layani kelistrikan nasional Idul Fitri 2024

Baca juga: Lebaran usai, SPKLU tetap layani pengguna mobil listrik di Lampung