ASN Pemkab Lampung Selatan harus jadi corong informasi ke masyarakat

id lampung, lamsel, lampung selatan

ASN Pemkab Lampung Selatan harus jadi corong informasi ke masyarakat

ASN pemkab lampung selatan harus jadi corong informasi ke masyarakat (ANTARA/HO-Pemkab Lamsel)

ASN diharapkan bisa menjadi penyampai informasi ataupun pesan kepada masyarakat luas terkait capaian pembangunan daerah

Bandarlampung (ANTARA) - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan diminta menjadi corong informasi ke masyarakat, mengingat informasi atas capaian pembangunan sangat diperlukan oleh masyarakat.

Demikian disampaikan Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan Pemkab Lampung Selatan, Achmad Herry pada apel mingguan di Lapangan Korpri, Kalianda, komplek Pemkab setempat, Senin (24/6).

"ASN diharapkan bisa menjadi penyampai informasi ataupun pesan kepada masyarakat luas terkait capaian pembangunan daerah termasuk berbagai prestasi dan penghargaan yang telah diraih selama ini melalui akun media sosialnya masing-masing," kata Achmad Herry dalam menyampaikan amanat bupati.

Achmad Herry menjabarkan banyak capaian prestasi dan penghargaan yang telah diraih Pemkab Lampung Selatan di bawah kepemimpinan Bupati Nanang Ermanto dalam kurun waktu 2023 hingga 2024.

Diantaranya, prevalensi kasus stunting dari angka 30 persen pada tahun 2020, berhasil turun di bawah angka 5 persen pada tahun 2024. Termasuk kemiskinan ekstrem yang mencapai 12,97 persen.

Selanjutnya, sejak tahun 2017 hingga 2023, pemerintah daerah juga telah menyalurkan bantuan sebanyak 4.530 bedah rumah, dengan perkiraan angka yang terus bertambah sampai Juni 2024 ini.

Kemudian, Indeks Inovasi Daerah juga berada pada posisi yang sangat inovatif dengan nilai 62,06 poin, berada diposisi 28 dari 415 kabupaten se-Indonesia. Lampung Selatan juga memperoleh predikat Kabupaten Sangat Inovatif pada ajang penghargaan IGA Kemendagri Tahun 2023.

Achmad Herry menuturkan informasi-informasi tersebut perlu disampaikan secara luas supaya masyarakat mengetahui sejauh mana progres pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah. Capaian itu mencakup pembangunan infrastruktur jalan ataupun proyek-proyek pembangunan lainnya.

Ia mengharapkan jangan sampai masyarakat mendapat informasi yang keliru, terlebih informasi yang dipelintir faktanya oleh oknum-oknum penggiat medsos yang tidak bertanggungjawab.

"Ini menjadi tanggung jawab kita bersama, mengedukasi masyarakat agar mengetahui secara faktual seluruh capaian berbagai program pembangunan daerah kita," imbuh Achmad Herry.

Pada kesempatan itu, Achmad Herry juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh ASN dari level pimpinan sampai dengan staf atas kerja kerasnya, hingga berbagai prestasi bisa diraih.

"Apa yang saya sampaikan tadi hendaknya menjadi perhatian kita semua. Bagaimana kita dapat membangun Kabupaten Lampung Selatan dengan kemauan keras dan inovasi. Yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana kita responsif terhadap kondisi daerah kita," kata Achmad Herry.

Baca juga: BPN Lampung Selatan sosialisasikan sertifikat elektronik cegah calo tanah

Baca juga: Bawaslu Lampung Selatan buka layanan kawal hak pilih Pilkada 2024

Baca juga: Bupati Lampung Selatan bantu korban kebakaran rumah di Sidomulyo