Pertamina Hulu Energi OSES raih penghargaan Indonesia Responsibility Award

id PHE OSES, Kepulauan Seribu, penghargaan Indonesia Responsibility Award

Pertamina Hulu Energi OSES raih penghargaan Indonesia Responsibility Award

Ilustrasi - PHE OSES raih penghargaan Indonesia Responsibility Award. FOTO ANTARA/HO-PHE OSES.

Malam ini, penghargaan ini kami terima sebagai pengingat bahwa perjalanan kita dalam menjaga ekosistem laut masih panjang
Solo (ANTARA) - PT Perrtamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatera (PHE OSES) memperoleh penghargaan dalam ajang Indonesia Social Responsibility Award (ISRA) 2024 yang diumumkan di Solo, Jawa Tengah, Kamis (27/6).

Dengan mengangkat program bertajuk Tiga Perisai (Mitigasi Perubuahan Iklim dan Konservasi), PHE OSES raih predikat silver dalam kategori Biodiversty Conservation.

ISRA 2024 merupakan ajang penghargaan bagi para praktisi dan pelaksana program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang memenuhi kaidah keberlanjutan dan telah berdampak pada kesejahteraan masyarakat. 

Tiga Perisai merupakan Program Pemberdayaan Masyarakat yang digagas oleh PHE OSES bersama dengan Karang Taruna RW.03 Pulau Sabira dan masyarakat Pulau Sabira, Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Program tersebut berfokus dalam membantu mencegah perubahan iklim dan kerusakan lingkungan melalui pendekatan ekonomi dan lingkungan.  

Lewat program Tiga Perisai, PHE OSES telah menanam 126.000 batang mangrove dan 500 batang pohon kelapa di Kepulauan Seribu. Tak hanya itu, perusahaan bersama masyarakat juga telah menanam 300 meter persegi terumbu karang dan melepasliarkan 6.502 ekor tukik atau anakan penyu sisik yang berada dalam status terancam punah.

Melalui program ini, PHE OSES juga mendorong peningkatan kapasitas dan kepercayaan diri pemuda untuk terlibat aktif dalam kegiatan konservasi dengan mengikuti berbagai aktivitas pelatihan, studi banding, hingga networking.

Pada tahun 2023, pemuda di Pulau Sabira mengikuti kegiatan Indonesia Sea Turtle Symposium yang bertepatan dengan Hari Penyu Sedunia. Di tahun 2024, pemuda Pulau Sabira juga mengikuti kegiatan benchmarking yang diadakan oleh PHE OSES ke Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mempelajari ragam metode pelestarian penyu.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Communication, Relations & CID PHE OSES Indra Darmawan menyampaikan rasa syukur atas penghargaan yang diterima oleh PHE OSES.

"Penghargaan ini menjadi simbol rasa semangat dan komitmen PHE OSES dan masyarakat pesisir wilayah Kepulauan Seribu untuk terus menjaga lingkungan”, ungkap Indra dalam rilisnya diterima di Lampung Timur, Jumat.

"PHE OSES dan masyarakat Kepulauan Seribu tinggal berdampingan di laut yang sama. Kolaborasi yang baik dan berkelanjutan dibutuhkan untuk terus menjaga laut ini. Malam ini, penghargaan ini kami terima sebagai pengingat bahwa perjalanan kita dalam menjaga ekosistem laut masih panjang," tambahnya

Baca juga: Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina distribusikan hewan kurban ke masyarakat

Baca juga: Pertamina raih peringkat tiga perusahaan terbesar versi Fortune 500 SEA

Baca juga: Kilang Pertamina Plaju bagikan 63 ekor hewan kurban di Idul Adha 1445 H