Pemprov Lampung targetkan perbaikan 290 jembatan di sisa tahun 2024

id Anggaran perbaikan jembatan, jembatan lampung, rehabilitasi jembatan, Pemprov lampung,jembatan lampung

Pemprov Lampung targetkan perbaikan 290 jembatan di sisa tahun 2024

Ilustrasi - Salah satu jembatan yang ada di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Rencana penanganan 290 unit jembatan tahun ini memiliki pagu anggaran sebesar Rp21,6 miliar
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung siap melaksanakan penanganan perbaikan dan rehabilitasi 290 unit jembatan provinsi di sisa tahun 2024 dengan pagu anggaran yang disiapkan mencapai Rp21,6 miliar.

"Rencana penanganan 290 unit jembatan tahun ini memiliki pagu anggaran sebesar Rp21,6 miliar dari total anggaran anggaran penanganan jalan dan jembatan sebanyak Rp497,1 miliar," kata Kepala Seksi Program dan Anggaran Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung Angri Hasdiandi dalam kajian fiskal regional, di Bandarlampung, Rabu.

Ia menjelaskan 290 unit jembatan yang akan diperbaiki dan direhabilitasi ini merupakan bagian dari 830 unit jembatan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Lampung.

"Berdasarkan Keputusan Gubernur Lampung Nomor G/434/V.03/HK/2023, panjang ruas jalan provinsi 1.695,4 kilometer dan jembatan yang berada pada ruas jalan provinsi total berjumlah 830 unit dengan panjang 8.998,5 meter," ujarnya.
 
Ia menjelaskan pengerjaan penanganan jembatan itu meliputi pembangunan, pelebaran, dan penggantian jembatan dengan jumlah delapan jembatan serta pagu anggaran sebesar Rp8,1 miliar.
 
"Kemudian ada pengerjaan rehabilitasi jembatan dengan jumlah 40 jembatan, dan pagunya sebesar Rp9,1 miliar," ujar dia pula.
 
Sedangkan untuk pekerjaan pemeliharaan berkala, dan pemeliharaan rutin jembatan akan dilakukan kepada 242 unit jembatan dengan jumlah pagu anggaran sebanyak Rp4,4 miliar.
 
Diketahui untuk kegiatan rehabilitasi jembatan yang akan dilakukan, salah satunya ada di Jembatan Way Robok yang berada di ruas jalan Liwa, Kabupaten Lampung Barat-batas Sumatera Selatan.
 
Selanjutnya, Jembatan Way Punggur yang ada di ruas jalan Gunung Sugih-Kota Gajah, Kabupaten Lampung Tengah, Jembatan Way Balak di ruas jalan Padang Ratu-Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah.
 
Rehabilitasi juga akan dilakukan di Jembatan Way Waya yang ada di ruas jalan Padang Ratu-Kalirejo, Kabupaten Lampung Tengah, Jembatan Way Lunik yang ada di ruas jalan Padang Cermin-Simpang Teluk Kiluan, Kabupaten Pesawaran.
 
Kemudian di Jembatan Way Kerbang serta Jembatan Way Tenong yang ada di ruas jalan Branti-Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Lampung menargetkan tangani perbaikan 290 jembatan di 2024