Polisi tingkatkan patroli antisipasi pencurian hewan kurban

id Polres Pemalang, pencegahan kasus pencurian hewan kurban

Polisi tingkatkan patroli antisipasi pencurian hewan kurban

Kepala Kepolisian Resor Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya sedang mengecek hewan ternak yang dijual oleh pedagang hewan di Pemalang, Kamis (6/6/2024). (ANTARA/HO-Humas Polres Pemalang)

Pemalang (ANTARA) - Kepolisian Resor Pemalang, Jawa Tengah, bersama TNI meningkatkan patroli sinergitas sebagai upaya mengantisipasi kasus pencurian hewan ternak menjelang perayaan Idul Adha.

Kepala Kepolisian Resor Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya di Pemalang, Kamis, mengatakan kegiatan patroli tersebut dilaksanakan pada pagi, siang, dan malam hari sebagai upaya preventif untuk mencegah kasus pencurian hewan kurban.

"Kami mengerahkan anggota untuk melaksanakan patroli dengan bersinergi bersama TNI. Sasaran operasi di lokasi para pedagang hewan kurban yang kini mulai memadati sejumlah areal terbuka," katanya.

Ia mengimbau para pedagang hewan kurban agar tidak berjualan sendirian dan bergantian untuk mengawasi hewan saat beristirahat.

Selain itu, kata dia, para pedagang disarankan mencatat dan menghubungi nomor hotline Whatsapp Polres Pemalang atau call center 110, apabila ada sesuatu hal yang mencurigakan segera dilaporkan dan diantisipasi sedini mungkin.

"Selain itu, kami juga mengimbau para pedagang hewan waspada terhadap peredaran uang palsu menjelang Idul Adha. Kami mohon teliti dengan baik setiap menerima uang dari hasil penjualan serta waspada dengan aksi penipuan dan perampasan," katanya.

Ia yang didampingi Kepala Seksi Humas Iptu Anjar Lindu Wijayadi mengatakan seluruh anggota Bhabinkamtibmas juga rutin menyambangi peternak dan pedagang hewan kurban di wilayah desa binaan masing-masing untuk mengantisipasi pencurian hewan.

"Kami perintahkan anggota Bhabinkamtibmas memberikan penyuluhan secara rutin agar pedagang dan seluruh warga bekerjasama dalam upaya mencegah terjadinya pencurian hewan kurban, salah satunya dengan menggiatkan siskamling," katanya.