Kartini berharap miliki rumah lagi pasca rumahnya diterjang bandang

id Dompet Dhuafa, banjir bandang, sumatera barat

Kartini berharap miliki rumah lagi pasca rumahnya diterjang bandang

Kartini berharap untuk memiliki rumah yang layak lagi pasca diterjang banjir bandang. FOTO ANTARA/HO-DOMPET DHUAFA.

Sumatera Barat (ANTARA) - Dompet Dhuafa bergerak cepat untuk membantu para korban bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, pada Sabtu (11/5/2024).

Bencana ini mengakibatkan kerusakan parah pada rumah dan infrastruktur, serta menimbulkan trauma bagi para korban.

Salah satu korban yang terdampak parah adalah Kartini (56), seorang ibu rumah tangga yang kehilangan rumahnya akibat diterjang banjir bandang lahar dingin.

“Rumah kami hancur tak bersisa, semua harta benda kami hilang,” ungkap Kartini dengan sedih.

Kartini, bersama suami dan kelima anaknya, telah tinggal selama lebih dari 15 tahun di sebuah rumah kayu berwarna biru bercampur kuning. Rumah tersebut bukan hanya menjadi tempat tinggal, tetapi juga menyimpan kenangan berharga selama bertahun-tahun, menyaksikan anak-anaknya tumbuh dewasa hingga memiliki cucu.

Namun, pada malam kelabu 11 Mei 2024, hujan deras yang terus-menerus memicu bencana tak terduga. Banjir bandang lahar dingin yang mematikan, merenggut rumah Kartini dan memaksa keluarganya untuk mengungsi.

Dalam kondisi yang penuh ketidakpastian, Kartini berharap untuk memiliki rumah yang layak dan aman, namun terhambat oleh kekurangan tanah dan dana. Meskipun demikian, harapan Kartini tetap teguh, bahwa bencana semacam Galodo tidak akan terulang lagi.


TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Sudah berjalan lebih tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. (Kerjasama)