Bulurejo dan Pringsewu Utara wakili Pringsewu dalam lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi

id lampung, pringsewu

Bulurejo dan Pringsewu Utara wakili Pringsewu dalam lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi

Bulurejo dan Pringsewu Utara Wakili Pringsewu lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi lampung (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Pekon Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo dan Kelurahan Pringsewu Utara, Kecamatan Pringsewu mewakili Kabupaten Pringsewu dalam Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Lampung 2024.

Pj.Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan saat menerima Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Provinsi Lampung di Balai Pekon Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo, beberapa waktu lalu, mengatakan terpilihnya Pekon Bulurejo dan Kelurahan Pringsewu Utara, berdasarkan evaluasi dalam dua tahun terakhir, Pekon Bulurejo masuk kategori cepat berkembang. 

"Demikian juga Kelurahan Pringsewu Utara dengan keunggulan dan inovasi yang dimiliki," katanya. 

Marindo berharap keikutsertaan Kabupaten Pringsewu pada Lomba Desa dan Kelurahan tersebut akan mendorong upaya peningkatan kompetensi pekon dan kelurahan dalam memberdayakan berbagai sektor kehidupan bermasyarakat dan berorganisasi. 

"Juga sebagai wahana meningkatkan kreatifitas dan rasa memiliki serta kepedulian terhadap kemajuan pekon dan kelurahan," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Provinsi Lampung Intizam mengatakan untuk menciptakan Desa dan Kelurahan yang memiliki daya saing, diperlukan dukungan terintegrasi baik dari pemerintah pusat, daerah maupun desa.

"Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Bina Pemerintahan Desa pada 2023 telah melakukan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa dan pengurus kelembagaan desa melalui program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa," kata Intizam, yang juga Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Kemasyarakatan dan SDM. 

Terkait Lomba Desa, kata Intizam, terdapat tiga bidang penilaian, meliputi pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan desa, dengan 19 aspek dan 490 indikator penilaian. 

"Tema Lomba Desa dan Kelurahan pada tahun 2024 ini adalah Wujudkan Masyarakat Sejahtera melalui Belanja Desa dan Kelurahan yang Berkualitas," ujarnya.