Disnakertrans sebut angka pengangguran di Metro turun

id Pengangguran

Disnakertrans sebut angka pengangguran di Metro turun

Kadisnakertrans Metro, Budiono saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (27/6). (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Metro terus berupaya untuk menekan angka pengangguran terbuka (PTP) di kota setempat.

"Pada tahun 2023 lalu jumlah PTP turun dibanding tahun 2022," kata  Kepala Disnakertrans Metro, Budiono, di Kota Merro, Kamis.

Ia mengatakan, pada 2022 lalu, angka PTP di Bumi Sai Wawai sebanyak 4,34 persen dan menurun di tahun 2023 menjadi 3,6 persen. Untuk itu, di tahun 2024 ini menargetkan PTP bisa lebih menurun.

"Alhamdulillah hasil kerja sama  bersama angka pengangguran bisa ditekan. Tahun 2022 pengangguran di Metro mencapai 4,34 persen dan tahun 2023 turun menjadi 3,6 persen dan akan terus kita tekan di tahun 2024 ini," kata dia, Kamis.

Budiono menjelaskan, Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin menekankan agar Disnakertrans untuk memprogramkan pelatihan keterampilan kerja dan jasa untuk meningkatkan SDM dengan sasaran pelajar di sekolah menengah kejuruan.

"Sesuai instruksi bapak wali kota kita ditekankan untuk berinovasi dan aktif menjalin komunikasi dengan sejumlah perusahaan di Lampung. Dan alhamdulillah angka PTP bisa ditekan. Kemudian juga meningkatkan SDM yang bertujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mengurangi angka pengangguran yang ada di Kota Metro," jelasnya.

Pihaknya juga meminta investor yang ada di Kota Metro untuk dapat merekrut calon pegawai yang berasal dari warga sekitar. 

"Perusahaan di Metro ini, kita minta untuk 70 persen pegawai harus warga Metro. Selain itu kami juga selalu aktif berkomunikasi dengan perusahaan bila membutuhkan tenaga kerja, informasi tersebut langsung kita share ke setiap sekolah dan website pemerintah kota Metro yang ada di setiap kelurahan," paparnya. 

Dalam waktu dekat ini, lanjut Budiono, Disnakertrans akan melakukan pelatihan kerja, dengan sasaran pelajar di setiap sekolah kejuruan. Agar nantinya menjadi SDM yang dapat  mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap dan etos kerja, setelah lulus sekolah. 

"Pelatihan kerja ini sendiri setiap tahunnya sangat mendapat antusias dari masyarakat baik dari lulusan pendidikan tingkat sekolah menengah maupun yang lulusan sekolah tinggi," katanya lagi. 

Budiono menambahkan, keberhasilan dalam menurunkan angka pengangguran, Metro berhasil meraih penghargaan Paritrana Award dua tahun berturut yang merupakan ajang penghargaan yang diberikan Pemerintah RI kepada provinsi, kabupaten/kota dan pelaku usaha, meliputi perusahaan sekala besar, maupun menengah, usaha sektor layanan publik dan usaha mikro, yang mendukung penuh jaminan sosial ketenagakerjaan tahun 2023 dan 2024.

"Bukan hanya itu, kita berhasil mendapatkan penghargaan juara 1 lomba kelurahan tingkat provinsi Lampung tahun 2023 dan 2024. Juara 1 lomba kelurahan tingkat regional 1 Sumatra tahun 2023 dan 2024. Penghargaan upakarya Wanua Nugraha kepada Wali Kota Metro tahun 2023 dan 2024," tandasnya.