Kurangi sampah di TPAS, DLH Metro optimalkan bank sampah

id Banksampah,sampah metro

Kurangi sampah di TPAS, DLH Metro optimalkan bank sampah

Kepala DLH Metro Ardah didampingi Sekretaris Yerri Noer Kartiko saat diwawancarai awak media, Kamis (27/6/2024). ANTARA/Hendra Kurniawan

Kondisi TPAS kita ini kan sudah lama sekali ya dan memang sampahnya sudah menggunung.
Metro (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, Lampung, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat melibatkan masyarakat untuk mengurangi sampah di kota ini, salah satunya dengan mendorong masyarakat untuk membentuk bank sampah hingga di tingkat RT. 

Kepala DLH Kota Metro Ardah mengatakan, keberadaan bank sampah sangat efektif untuk mengurangi jumlah sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Karangrejo.

"Kondisi TPAS kita ini kan sudah lama sekali ya dan memang sampahnya sudah menggunung. Makanya kami upayakan agar TPAS ini bisa terus menampung sampah di Kota Metro ini. Selain akan mengubah TPAS dari Open Dumping ke Sanitary Landfill kami juga berdayakan masyarakat untuk membentuk bank sampah," kata dia, di Metro, Kamis.

Dia menjelaskan, per hari ini jumlah sampah yang masuk ke TPAS Karangrejo sekitar 120 ton. Namun, dengan adanya bank sampah di Kota Metro saat ini, jumlah sampah yang masuk TPAS di bawah 100 ton.

"Kemudian kami juga olah sampah di TPAS itu di Pusat Daur Ulang (PDU) terus kami buat paving blok. Ini yang terus kami lakukan. Kemudian, landfill yang tidak aktif itu kami tutup dengan terpal untuk mengurangi bau dan juga lalat," katanya lagi.

Ardah menuturkan, dalam pembentukan bank sampah, DLH bekerja sama dengan TP PKK Kota Metro dan Dasawisma agar bisa menjangkau hingga ke tingkat rumah tangga.

"Melalui TP PKK Kota Metro kami melakukan kerja sama dengan masyarakat untuk menggalakkan program bank sampah. Selain itu, kami juga melibatkan ibu-ibu Dasawisma untuk melakukan kerja sama guna mengoptimalkan program bank sampah ini," ujarnya lagi.

Menurutnya, saat ini 22 kelurahan di Kota Metro memiliki bank sampah unit (BSU). Masing-masing BSU mempunyai bank sampah lainnya hingga tingkat RT dan kini sudah merambah ke tingkat sekolah. 

"BSU ini satu kelurahan ada satu. Satu BSU punya unit bank sampah ke tingkat rumah tangga dan sekolah. Anak-anak sekolah diminta untuk membawa sampah plastik dari rumahnya untuk dijual ke bank sampah itu," ujarnya lagi.

Dia menambahkan, DLH setempat juga mengimbau masyarakat agar mempunyai dua tempat sampah di rumahnya masing-masing atau minimal memiliki kantong sampah untuk memisahkan antara sampah plastik dan sampah organik. 

"Pemberdayaan ini yang terus kami dorong. Karena hasilnya juga lumayan, sampah plastik bisa dijual ke bank sampah itu. Kan bisa menambah penghasilan masyarakat," katanya. 

"Memang belum semua masyarakat melakukan ini. Kami harus bersabar agar masyarakat sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan dan dikelola sampah plastiknya," katanya lagi. 
Baca juga: Metro menuju kota bebas sampah
Baca juga: Kurangi sampah, Pemkot Metro optimalkan PDU