Berkonsep bandara, Kalapas Narkotika jadikan dapur sebagai percontohan

id Lapas narkotika, dapur lapas narkotika, daput percontohan lapas narkotika

Berkonsep bandara, Kalapas Narkotika jadikan dapur sebagai percontohan

Kalapas Narkotika Bandarlampung, Porman Siregar saat meninjau daput makan warga binaan. (Antaralampung/Damiri)

Bandarlampung (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Bandarlampung, menjadikan dapur makan warga binaan sebagai percontohan bagi Lapas dan Rutan se-Lampung dengan konsep bandara.

"Kami bentuk dapur makan ini dengan inovasi satu manajemen yang saya contoh kan seperti manajemen bandara," kata Kalapas Narkotika, Porman Siregar saat meninjau dapur yang ada di Lapas setempat, Jumat.

Dia melanjutkan, dirinya menggunakan konsep bandara dengan tujuan agar semua aktifitas dapat tertata mulai dari bidang memasak, pembersihan, gudang pangan, hingga pendistribusian di setiap blok warga binaan.

"Saya pernah ke suatu bandara dan melihat salah satu pekerja yang sedang membersihkan suatu tempat. Saya perhatikan orang nya itu saja, jadi saya terinspirasi mengambil manajemen seperti bandara. Pada intinya juga, lebih khususnya lagi manajemen bandara ini dapat lebih tertata lagi dalam hal bertanggungjawab setiap bidang," kata dia.

Dalam manajemen bandara, lanjut dia, setiap bidang memiliki jumlah masing-masing warga binaan yang bertugas di dapur. Untuk juru masak sendiri, warga binaan yang telah memiliki bersertifikat berjumlah sebanyak tujuh orang, peracik bumbu dua orang, cuci alat masak dua orang, kebersihan dalam dua orang, dan kebersihan luar dua orang.

"Masing-masing memiliki peran. Contoh untuk peran memasak maka dia tidak akan lagi membersihkan alat masak begitu juga sebaliknya dan peran lainnya. Jadi tertata selain bersertifikat juga tidak bisa kami asal comot warga binaan untuk ditempatkan di bagian masak," katanya.

"Dari kegiatan warga binaan di dapur, itu juga akan didampingi pegawai kami yang bertugas sebagai penjamah atau meracik makanan. Yang jelas kami pastikan pelayanan makanan bagi warga binaan berjalan sesuai prosedur yang berlaku," katanya lagi.

NOTE: ADV