Dinkes sebut seluruh calon haji Bandarlampung telah divaksin meningitis

id Haji Lampung,Haji Bandarlampung,Pemkot Bandarlampung,Dinas Kesehatan,Ibadah Haji

Dinkes sebut seluruh calon haji Bandarlampung telah divaksin meningitis

Ilustrasi: Pelaksanaan Ibdaha Haji di Tanah Suci, Arab Saudi pada tahun sebelumunya. (ANTARA/HO-Kemenang)

Semua calon jamaah haji Kota Bandarlampung 2024 sudah mendapatkan vaksin meningitis
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandarlampung menyebutkan seluruh Calon Jamaah Haji (CJH) kota ini yang akan berangkat ibadah haji ke Tanah Suci, Arab Saudi, telah mendapatkan vaksinasi meningitis.

"Semua calon jamaah haji Kota Bandarlampung 2024 sudah mendapatkan vaksin meningitis, kecuali cadangan yang belum pasti berangkat. Jika sudah ada kepastian berangkat bisa langsung divaksinasi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kota Bandarlampung Desti Mega Putri di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan seluruh CJH yang akan berangkat ibadah haji taat aturan, terlebih vaksinasi meningitis merupakan syarat wajib yang telah ditetapkan oleh pemerintah guna melindungi mereka dari serangan penyakit.

"Ketersediaan vaksin meningitis di Bandarlampung masih mencukupi untuk calon jamaah reguler, sedangkan calon haji ONH Plus, vaksinasi meningitis dapat dilakukan di Balai Karantina Kesehatan Panjang," kata dia.

Desti mengungkapkan calon haji harus divaksinasi meningitis karena mereka di Arab Saudi dalam jangka waktu yang cukup lama dan akan berinteraksi dengan banyak orang dari negara yang memiliki risiko tinggi penyakit meningitis.

"Jadi vaksin meningitis untuk melindungi calon haji dari resiko tertularnya penyakit meningitis yaitu peradangan selaput otak yang ditularkan melalui cairan saluran pernafasan seperti air liur ketika bersin, batuk, dan menggunakan alat makan bersamaan," katanya. 

Menurutnya, seseorang tidak memungkinkan divaksin meningitis karena kondisi kesehatan tertentu. "Namun hal itu harus dengan syarat dilengkapi/disertai rekomendasi dokter spesialis yang bertanggungjawab atas CJH yang bersangkutan," katanya. 

Diketahui kelompok terbang (kloter) pertama CJH Provinsi Lampung dari Kota Bandarlampung akan memasuki Asrama Haji pada 11 Mei mendatang. Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bandarlampung pun sebelumnya telah menggelar manasik haji bagi CJH kota ini yang berjumlah 1.564 orang dengan rincian 685 laki-laki dan 879 perempuan.

Sementara itu Provinsi Lampung pada 2024 mendapatkan jatah kuota haji reguler sebanyak 7.253 orang.