Gubernur: Lampung berdayakan BUMDes tingkatkan PAD pajak

id BUMDes Lampung, PAD pajak, e-samdes Lampung

Gubernur: Lampung berdayakan BUMDes tingkatkan PAD pajak

Penyerahan penghargaan kepada BUMDes yang berkontribusi terhadap PAD pajak di Lampung. ANTARA/HO- Pemprov Lampung

Pajak merupakan salah satu dana yang kita kumpulkan untuk membangun Lampung, kata Arinal
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung memberdayakan badan usaha milik desa (BUMDes) guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di sektor pajak.

"Pajak merupakan salah satu dana yang kita kumpulkan untuk membangun Lampung dan juga berkontribusi untuk kepentingan nasional maka harus dimaksimalkan," ujar Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan dalam rangka meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor, maka perlu dilaksanakan peningkatan pelayanan, pengembangan dan perluasan pelayanan terhadap masyarakat untuk mewujudkan wajib pajak yang optimal.

"Salah satunya melalui pendekatan kepada wajib pajak yang berada di pedesaan, sehingga mempermudah masyarakat untuk melakukan pembayaran pajak di wilayahnya masing-masing, yakni dengan memberdayakan BUMDes dan aplikasi E-Samdes," katanya.

Ia melanjutkan, pada tahap sebelumnya telah dilakukan kerja sama dengan 26 BUMDes dan di tahap kedua sebanyak 142 BUMDes.

"Dan pada tahap ketiga ini ada sebanyak 109 BUMDes, sehingga total jumlah BUMDes yang telah bekerja sama untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor berjumlah 277 BUMDes, ini menjadi langkah yang baik untuk memudahkan masyarakat di desa," ucapnya.

Menurutnya, dengan adanya kerja sama antara BUMDes serta melakukan digitalisasi pembayaran melalui E-Samdes dapat menghimpun secara maksimal pajak yang berasal dari wajib pajak yang ada di pedesaan.

"Dulu mau bayar pajak jauh kalau di desa, sekarang makin mudah karena pelayanan langsung yang datang ke desa jadi pajak bisa dihimpun maksimal untuk menopang pembangunan daerah dan menjaga kesejahteraan masyarakat," ujar dia.

Pada kegiatan tersebut telah dilakukan pula pemberian penghargaan kepada BUMDes dengan transaksi terbesar pada periode Agustus 2021 hingga Agustus 2022 sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah daerah.

BUMDes penerima apresiasi adalah BUMDes Endra Mulya asal Kabupaten Lampung Timur, BUMDes Tersenyum Wates asal Kabupaten Lampung Tengah, dan BUMDes Asri Makmur asal Kabupaten Lampung Timur.