Krui Pro memberikan berkah bagi warga sekitar

id Lampung,Pesisir Barat,Krui Pro,Kejuaraan Selancar Dunia

Krui Pro memberikan berkah bagi warga sekitar

Rumah warga di sekitar Pantai Tanjung Setia, Pesisir Barat yang mendapatkan berkah karena kamarnya penuh disewakan bagi turis lokal maupun mancanegarA, di Pesisir Barat, Minggu (12/6/2022). ANTARA/Dian Hadiyatna

Tentunya kami bersyukur, adanya Krui Pro ini dapat mengembalikan penghasilan dari menyewakan kamar pada wisatawan...
Pesisir Barat (ANTARA) - Ajang Kejuaraan Selancar Internasional atau "World Surf League" Krui Pro 2022 yang digelar di Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung memberikan berkah bagi warga lingkungan sekitar dengan kembali meningkatkan perekonomian mereka usai terdampak COVID-19.

"Tentunya kami bersyukur, adanya Krui Pro ini dapat mengembalikan penghasilan dari menyewakan kamar pada wisatawan domestik atau pun luar negeri usai dua tahun pandemi COVID-19," kata salah seorang warga di sekitar Pantai Tanjung Setia, Dicki, di Pesisir Barat, Minggu.

Ia pun berharap agar pemkab setempat dapat mengembangkan pariwisata yang ada di daerah itu, khususnya di Tanjung Setia serta lebih banyak melibatkan warga lokal dalam setiap kegiatannya.

"Tentunya kami berharap kabupaten lebih mengembangkan destinasi wisata di Krui ini dan melibatkan warga sekitar," kata dia.

Ia pun mengatakan, dengan berkembangnya wisata di Krui akan banyak manfaat yang didapatkan oleh warga sekitar tidak hanya ekonomi, namun juga sosial budaya dari para turis asing.

"Kalau komunikasi dengan turis mancanegara saya pakai bahasa Inggris sedikit-sedikit, kalau tidak bisa ya pakai bahasa isyarat. Keuntungannya kami di sini bisa belajar gratis bahasa Inggris dari wisatawan," kata dia lagi.

Ia pun menambahkan, usaha menyewakan kamar kepada turis lokal ataupun mancanegara telah dilakoninya sejak 2017, dimana pada waktu itu pandemi COVID-19 belum muncul. Satu kamar dihargai Rp250.000 per harinya.

"Sebelum pandemi COVID-19 memang penyewaan kamar di sekitaran pantai ini selalu ramai dan penuh. Tapi setelah adanya COVID-19 benar-benar sepi, alhamdulillah sekarang sudah ramai lagi, semoga Krui Pro ini merupakan awal dari kebangkitan wisata di sini," ujarnya.

Warga lainnya di Tanjung Setia, Deviana mengaku  merasakan manfaat ekonomi dari adanya gelaran internasional di daerahnya tersebut, sebab kamar di rumahnya pun ikut disewa oleh wisatawan yang datang pada ajang Krui Pro 2022.

"Jarak rumah dari Pantai Tanjung Setia lumayan jauh, tapi masih ada yang mau menyewa kamar. Dua kamar yang disewakan karena kebetulan juga lagi kosong," kata dia lagi.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung Kusnardi berharap Pemkab Pesisir Barat bisa membina penduduk sekitar, agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan.

"Saya harap kawan-kawan di sini dapat membina penduduk untuk bisa menjaga keamanan. Jadi di samping ada objek wisatanya segala hal yang ada di daerah ini juga perlu pembinaan, sehingga ini bukan hanya menjadi satu tontonan, namun memberikan dampak positif bagi warga di Krui," katanya.
Baca juga: Krui Pro jadi ajang pasarkan produk lokal Kabupaten Pesisir Barat
Baca juga: Pemkab Pesisir Barat harap Pemerintah Pusat beri perhatian pada WSL Krui Pro