Pakar: Kekuatan brand penting bagi UMKM Lampung

id Branding, UMKM lampung

Pakar: Kekuatan brand penting bagi UMKM Lampung

Yuswohady salah seorang pakar marketing tengah menjelaskan mengenai pentingnya branding bagi UMKM, Bandarlampung, Sabtu 29/02/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Pakar marketing Yuswohady mengatakan bahwa Usaha Makro Kecil Menengah (UMKM) penting membangun kekuatan brand  guna memaksimalkan keuntungan.

"Di era digitalisasi teknologi kita perlu membangun kekuatan brand untuk memanfaatkan pasar potensial yang ada," ujar pakar marketing Yuswohady, di Bandarlampung, Sabtu.

Menurutnya, kekuatan brand atas sebuah produk usaha penting sebab saat ini telah ada pergeseran konsumsi di masyarakat.

"Saat ini pergeseran konsumsi sangatlah terlihat jelas, terutama di kalangan generasi milenial. Dahulu pola konsumsi berdasarkan komoditas saat ini beralih menjadi konsumsi atas sebuah pengalaman, dan kenyamanan contohnya seperti menonton konser, berwisata," ujarnya.

Ia mengatakan, perlu kejelian dan perumusan yang baik oleh pelaku UMKM guna memanfaatkan pasar potensial tersebut.

"Adanya pergeseran tersebut UMKM harus memanfaatkan dengan cara memetakan beberapa hal yaitu dengan menentukan target pasar, posisi pasar, kebutuhan konsumen," katanya.

Menurutnya, dengan membangun kekuatan branding di harapkan UMKM Lampung dapat naik kelas dengan memanfaatkan kemudahan atas adanya perkembangan teknologi.

"Melalui pemetaan tersebut UMKM dapat menentukan harga dengan tepat sesuai dengan target pasar, dan jangan lupa juga perlu melakukan branding pelayanan atas usaha sebab konsumen pada masa kini peduli akan pengalaman yang nyaman," ujarnya.


Baca juga: Pemkot Yogyakarta kaji kebutuhan "branding" dukung promosi pariwisata penggerak ekonomi