Pelaku UMKM sebut penggunaan QRIS telah permudah pembayaran

id lampung, bri, qris, bri qris, edc bri

Pelaku UMKM sebut penggunaan QRIS telah permudah pembayaran

Penggunaan QRIS dan EDC BRI permudah masyarakat untuk melakukan pembayaran (ANTARA/HO)

pakai QRIS jadi masuknya ke rekening kita BRImo enak, kirim, transfer ke mana-mana cepat

Bandarlampung (ANTARA) - Pelaku UMKM yang menjadi nasabah PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI terbantu adanya layanan QRIS BRImo karena membuat transaksi jual beli yang dilakukan menjadi lebih mudah dan gampang.

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. Dengan QRIS, seluruh pembayaran dari aplikasi baik bank maupun nonbank dapat ditransaksikan dengan mudah, cepat dan terjaga keamanannya.

QRIS yang telah distandardisasi, selanjutnya dapat digunakan di berbagai jenis pembayaran seperti pembelian di merchant, toko, warung, pedagang, tempat wisata, tempat ibadah. Bahkan, saat ini QRIS telah digunakan pada pembayaran transportasi seperti angkutan umum, taksi, speedboat hingga jasa parkir.

Salah satu UMKM yang mendapatkan bantuan KUR BRI yaitu pemilik toko penjual tas Kuralin, Ricky Ramicon, merasa terbantu penjualannya setelah memanfaatkan pembayaran dengan menggunakan layanan QRIS.

Nasabah BRI yang berjualan tas Kuralin, asli dari Kabupaten Pesisir Barat, Lampung ini, tidak perlu repot-repot memikirkan uang kembalian setelah memanfaatkan layanan digital tersebut.

"Iya pakai QRIS jadi masuknya ke rekening kita BRImo enak, kirim, transfer ke mana-mana cepat," kata Ricky.

Ricky mengungkapkan penggunaan QRIS semakin banyak dilakukan saat mengikuti bazar atau pameran. Para pembeli yang datang ke toko juga tidak jarang memanfaatkan QRIS.

"Pembayaran (memakai) QRIS BRI banyak, itu kalau pameran enggak mau pakai uang (cash) tapi pakai QRIS," ungkap Ricky.

Layanan QRIS membuat Ricky, juga lebih berani dalam bertransaksi lewat transfer atau secara cashless. Sebab, sebagian besar para pembeli oleh-oleh bukan berasal dari warga sekitar, tetapi dari warga yang melintas dan lewat di Kabupaten Pesisir Barat.

"Pesannya ada yang via telepon, kita kirim barang terus transfer ke BRI juga. Alhamdulillah selama saya usaha enggak ada penipuan kita mintanya transfer dulu terus kepercayaan. Sangat terbantu dengan adanya layanan QRIS yang bisa diakses lewat BRImo,” ujarnya.

Selain menggunakan QRIS BRI, Ricky juga menggunakan mesin EDC BRI, yang juga digunakan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi.

"Kalau gangguan menggunakan QRIS, kita juga ada menggunakan EDC BRI. Jadi masyarakat atau pembeli jangan takut semua tipe pembayaran juga ada disini," katanya.