Irman Gusman: Tradisi pemberian penghargaan perlu ditingkatkan

id Ketua dpd, irman gusman

Irman Gusman: Tradisi pemberian penghargaan perlu ditingkatkan

Ketua DPD RI Irman Gusman (ANTARA FOTO/Jafkhairi)

...Kita harus membangun tradisi 'rewards' (penghargaan) dan 'punishment' (sanksi) secara bersamaan, bisa jadi selama ini 'punishment' yang kebanyakan, kata Irman Gusman...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Ketua Dewan Pertimbangan Daerah (DPD) RI Irman Gusman mengatakan tradisi pemberian penghargaan di Indonesia perlu ditingkatkan secara seimbang bersama tradisi pemberian sanksi dalam penyelenggaraan demokrasi.

"Kita harus membangun tradisi 'rewards' (penghargaan) dan 'punishment' (sanksi) secara bersamaan, bisa jadi selama ini 'punishment' yang kebanyakan," kata Irman Gusman usai mengahdiri acara penganugerahan Bawaslu Awards 2016 di Balai Sarbini Jakarta, Senin malam.

Menurut Irman, pemberian penghargaan akan membangun tradisi demokrasi yang sehat dan berkembang sesuai undang-undang dan etika yang baik.

Dalam kesempatan tersebut, Irman juga mengapresiasi langkah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang memberikan penghargaan dari tingkat pemerintah pusat hingga tingkat terendah di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Indonesia.

"Jadi kita bukan hanya melihat sisi negatif, tetapi juga sisi baik dalam penyelenggaran demokrasi," kata dia.

Di tingkat pusat, Bawaslu Awards 2016 diberikan kepada jajaran pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu berintegritas.

Bawaslu Awards 2016 juga dianugerahkan kepada pemerintah provinsi hingga kecamatan dalam kategori pihak yang memfasilitasi anggaran pengawasan pilkada terbaik, yakni pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Bangka-Belitung), pemerintah Kota Cilegon (Banten), dan pemerintah Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga (Jawa Tengah).

Selain itu, Bawaslu Awards 2016 kategori pengawas lapangan terbaik diberikan kepada Kelurahan Tanjung Unggan, Kecamatan Bestari, Kepulauan Riau dan pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) terbaik kepada TPS 14 Natuna, Kepulauan Riau.

Trofi Bawaslu Awards 2016 untuk pemerrintah daerah dan pengawas pemilu lapangan serta TPS diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Bawaslu Awards 2016 juga diberikan kepada tokoh masyarakat, oraganisasi sosial dan media yang dianggap telah menunjang progam pengawasan partisipatif pemilu yang dicanangkan Bawaslu.

Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI Ade Komarudin, Ketua DPD Irman Gusman, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandy turut hadir dalam acara penganugerahan Bawaslu Awards 2016 tersebut. (Ant)