Ekspedisi Kapsul Waktu di Lampung

id Ekspedisi Kapsul Waktu di Lampung, Ekspedisi Kapsul Waktu, Kapsul Waktu, Sekolah Global Surya

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Ekspedisi Kapsul Waktu tiba di Provinsi Lampung dan disambut dengan berbagai kegiatan oleh sejumlah kalangan pemerintahan, dunia pendidikan, dan komunitas seni dan budaya di Bandarlampung, Kamis (15/10).

Eskpedisi Kapsul Waktu sempat singgah di Sekolah Global Surya Bandarlampung, dan diterima oleh Wakil Koordinator Lies S. Endah, didampingi para kepala sekolah dan guru.

Affan Zaldi Erya, Humas Global Surya dan Mitra Surya, mengatakan, dengan kedatangan tim Ekspedisi Kapsul Waktu ini, pihaknya mengajak siswa setempat untuk bermimpi. Lalu, bekerja untuk mencapai mimpi tersebut. "Anak-anak pasti dapat melihat dan memanfaatkan momentum ini untuk didokumentasikan," kata Affan pula.

Kedatangan Ekspedisi Kapsul Waktu ke sekolah di Jalan Sutan Djamil Nomor 1 Gedung Meneng itu, sekitar pukul 13.00 WIB, lebih cepat dari waktu yang dijadwalkan sebelumnya.

Tim ekspedisi berada di Sekolah Global Surya sekitar satu jam. Kedatangan mereka disambut seluruh siswa dengan kibaran bendera di halaman sekolah dan dimeriahkan dengan atraksi seni, dan juga tanya jawab.

Adolf Ayatullah Indrajaya, Koordinator lapangan kegiatan Ekspedisi Kapsul Waktu di Lampung menyebutkan, kapsul waktu beserta tim ekspedisi melakukan perjalanan dari Sabang sampai Merauke, secara estafet mengumpulkan pesan atau harapan atau pun cita-cita hasil aspirasi masyarakat di setiap provinsi di Indonesia.

Kapsul Waktu akan berisi 35 Piagam Harapan dari 34 provinsi dan satu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Nantinya, piagam akan dibacakan di depan umum dan akan dibuka pada tahun 2085.

Ekspedisi Kapsul Waktu menempuh perjalanan sekitar 30.500 kilometer mulai dari 22 September dan berakhir pada 21 Desember 2015 di Merauke.

Rencananya, Kapsul Waktu akan diletakkan di sebuah monumen di Kabupaten Merauke, Papua.

"Apa sajakah pesan dan harapan terbaik anak Lampung. Akankah terwujud secara nyata. Maka, tetaplah optimistis menatap masa depan, serta teruslah bermimpi," ujar Adolf lagi.

Kapsul Waktu adalah program yang digagas oleh Menteri Sekretaris Negara, dan di dalam kapsul waktu berisi pesan-pesan yang dirumuskan oleh seluruh masyarakat di setiap provinsi, berisikan maksimal tujuh pesan terpenting berupa harapan, dalam satu lembar media tulis.

"Manfaatnya, pesan-pesan yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia diharapkan menjadi pemersatu kebhinnekaan yang menguntai mimpi, asa dan harapan, semangat dan tekad baru bangsa Indonesia. Sebuah kebanggaan Sekolah Global Surya bisa terpilih untuk disinggahi ekspedisi ini," ujar Andi Surya, Ketua Yayasan Taraka Surya yang mengelola Sekolah Global Surba Bandarlampung itu pula.

Pada Kamis malam ini, untuk menyambut tim Ekspedisi Kapsul Waktu itu, diadakan "Malam Gelar Budaya Ekspedisi Kapsul Waktu 2085" di Pasar Seni Enggal Bandarlampung, dihadiri sejumlah pejabat Pemkot Bandarlampung maupun para undangan.

Malam ini, tim Ekspedisi Kapsul Waktu juga akan disambut di halaman kantor gubernur Lampung dihadiri Kasat Pol PP, Karo Organisasi dan Karo Tapum Sekdaprov Lampung.