Kolaborasi Dosen IIB Darmajaya perkuat penjualan UMKM melalui e-Promotion

id lampung, kampus, darmajaya, peruruan tinggi

Kolaborasi Dosen IIB Darmajaya perkuat penjualan UMKM melalui e-Promotion

Kolaborasi Dosen IIB Darmajaya perkuat penjualan UMKM Cha Cha Brownie melalui e-Promotion (ANTARA/HO-Darmajaya)

Bandarlampung (ANTARA) - Semangat untuk memajukan UMKM di Indonesia terus bergelora, salah satunya tercermin dalam kepedulian dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya. Yulmaini, S.Kom., M.Cs., bersama rekannya Fitria, ST., M.Kom., yang melakukan pendampingan intensif terhadap usaha Cha Cha Brownie di Lampung Tengah, Selasa (20/8).

Pendampingan ini merupakan bagian dari program Pengabdian kepada Masyarakat yang didanai oleh Hibah Institusi IIB Darmajaya Tahun 2024, dengan tujuan utama membantu UMKM meningkatkan penjualan melalui strategi e-Promotion yang efektif dan tepat sasaran.

Diana Eka Sari, pemilik Cha Cha Brownie, menyambut hangat dukungan dari tim dosen IIB Darmajaya. Diana berbagi kisah bagaimana usahanya dimulai.

Sejak 2021, usahanya fokus pada produksi brownies. Kini telah berkembang menjadi penyedia aneka kue kering, kue bolu, legit, pempek, hingga merambah ke usaha katering.

"Ini adalah kali pertama saya mendapatkan pendampingan dari perguruan tinggi. Bantuan ini sangat berarti, terutama dalam meningkatkan kemampuan pemasaran kami, yang selama ini masih terbatas,” ucap Diana penuh rasa syukur.

Dia melanjutkan, produk andalan Cha Cha Brownie, seperti brownies, limo pizza, serta berbagai jenis kue lainnya, telah mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat Lampung Tengah.

Berlokasi di Jalan Bengkulu, Yukum Jaya, Terbanggi Besar, Diana yakin bahwa dukungan dari IIB Darmajaya akan membuka peluang untuk usahanya terus bertumbuh, berkembang dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Ketua tim pengabdian, Yulmaini, S.Kom., M.Cs., menyampaikan fokus utama dalam pendampingan ini adalah memperkuat manajemen usaha serta memanfaatkan platform digital untuk memperluas jangkauan pemasaran.

Selama ini, pesanan Cha Cha Brownie sebagian besar dari Lampung Tengah, dan beberapa dari Bandar Lampung. “Kami berharap dengan penerapan strategi e-promotion yang tepat, usaha Cha Cha Brownie mampu menjangkau lebih banyak pelanggan dari berbagai daerah,” harapnya.

Fitria, ST., M.Kom selaku anggota menambahkan, pendampingan ini selain untuk meningkatkan penjualan, juga untuk memperkuat kemampuan manajemen dan pemasaran Cha Cha Brownie.

"Kami berharap sinergi antara dunia akademis dan pelaku usaha dapat berdampak positif bagi perekonomian lokal. Kolaborasi ini menjadi bukti bahwa ketika pendidikan tinggi dan UMKM bergandengan tangan, kemajuan yang signifikan dapat dicapai," ujar dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.