Lampung Barat terima penghargaan APPI 2024 dari Kemenparekraf

id Lampung barat ,Penghargaan APPI ,Pemkab Lambar,APPI,Pariwisata,Lambar,Lampung Barat,Kemenparekraf ,Nukman,Turis

Lampung Barat terima penghargaan APPI 2024 dari Kemenparekraf

PJ Bupati Lampung Barat Nukman saat menerima penghargaan APPI dari menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno di Balairung Soesilo Soerdarman Jakarta Pusat, Senin malam (9/9/2024). ANTARA/HO/Kominfo Lampung Barat.

Lampung Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menerima penghargaan Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) Tahun 2024 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Pj Bupati Lampung Barat Nukman dalam keterangannya di Liwa Lampung Barat, Selasa, mengatakan penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno di Balairung Soesilo Soerdarman Jakarta Pusat, Senin malam.

"Dengan diterimanya penghargaan ini selama dua tahun berturut-turut semoga upaya-upaya yang telah dilakukan akan berdampak pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Lampung Barat," katanya.

Ia menjelaskan, APPI merupakan program yang dilaksanakan oleh Kemenparekraf RI dalam rangka pemenuhan target perjalanan wisatawan nusantara pada tahun 2024.

"APPI 2024 diselenggarakan selama empat bulan, April sampai dengan Juli, diikuti oleh 38 Dinas Pariwisata provinsi dan 514 Dinas Pariwisata kab/kota di Indonesia dan menghasilkan pemenang lomba bulanan provinsi, kabupaten/kota. Kabupaten Lampung Barat ditetapkan menjadi terbaik pada selama tiga bulan, April, Juni, dan Juli," ujarnya.

Menurutnya, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan menjadi sektor yang dapat menjadi penggerak peningkatan pendapatan para pelakunya yang tentu saja berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

"Alhamdulillah upaya-upaya tersebut menunjukkan tren peningkatan kunjungan wisatawan ke Bumi Sekala Bekhak pada setiap tahunnya walaupun masih fluktuasi pada bulan berjalan namun secara akumulatif jumlah akhir menunjukkan peningkatan," ujarnya.

Ia juga mengatakan, perhelatan APPI 2023 lalu, Kabupaten Lampung Barat menjadi salah satu pemenang APPI yang meraih penghargaan selama tiga bulan berturut-turut.

"Di tahun 2024 Kabupaten Lampung Barat kembali memborong tiga penghargaan sekaligus dalam lomba video kreatif BBWI atau Bangga Berwisata di Indonesia kategori Kabupaten. Untuk tema Wisata, Lampung Barat menempati posisi ke enam, lalu pada tema destinasi wisata unggulan Lampung Barat berada di peringkat ke dua, sedangkan untuk tema seni dan budaya Lampung Barat di posisi ke lima," katanya.