TNI AL gagalkan penyelundupan 73.033 benur lobster tujuan Lampung

id penyelundupan benur,benih bening lobster,TNI AL,TNI Angkatan Laut,Lanal Banten

TNI AL gagalkan penyelundupan 73.033 benur lobster tujuan Lampung

Beberapa prajurit TNI Angkatan Laut dari Lanal Banten menggagalkan penyelundupan 73.033 ekor benur atau benih bening lobster (BBL) di Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (28/7/2024). ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI AL.

BBL tersebut rencananya akan diseberangkan ke daerah Lampung melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak dengan menggunakan truk colt diesel dengan cara muatan disembunyikan di bagian depan bak mobil truk
Jakarta (ANTARA) - Prajurit TNI Angkatan Laut yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Gabungan bersama PT ASDP Merak menggagalkan penyelundupan 73.033 bening benih lobster (BBL) atau benur di Pelabuhan Merak, Banten.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banten Kolonel Laut (P) Arif Rahman dalam siaran resmi Dinas Penerangan TNI AL yang dikonfirmasi di Jakarta, Senin, menjelaskan prajurit Lanal Banten menyelamatkan 73.033 benur yang terdiri atas 72.104 benur pasir dan 929 benur mutiara.

Dalam kesempatan itu juga ditangkap dua pria terduga pelaku, yaitu masing-masing berinisial DNS (usia 32 tahun) dan FAS (22 tahun), saat melintas di Pelabuhan Merak, Minggu (28/7).

"BBL tersebut rencananya akan diseberangkan ke daerah Lampung melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak dengan menggunakan truk colt diesel dengan cara muatan disembunyikan di bagian depan bak mobil truk dan ditutupi oleh muatan lain berupa drum plastik kosong, kasur busa, dan bola kaki plastik untuk mengelabui aparat," kata Danlanal Banten.

Dia melanjutkan dua terduga pelaku, yang merupakan supir dan kernet truk, saat ini masih ditahan di Markas Komando (Mako) Lanal Banten untuk pemeriksaan lebih lanjut, sedangkan benih bening lobster yang disita telah dilepasliarkan di perairan Carita, Pandeglang, Banten.

Pelepasliaran itu, lanjut dia, dilakukan dalam waktu yang cepat karena mempertimbangkan masa hidup benur yang rentan mati jika terlalu lama disimpan di dalam plastik.

Dalam kesempatan yang sama, Danlanal Banten mengimbau pelaku usaha benur untuk mematuhi hukum dan aturan yang berlaku, terutama terkait penjualan benih bening lobster. Dia menyebut para pelaku usaha dapat merujuk pada Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 7 Tahun 2024.

Benur merupakan komoditas bernilai tinggi yang saat ini cukup rentan diselundupkan ke luar negeri. TNI AL dalam beberapa bulan terakhir berhasil menggagalkan penyelundupan benur, yang rata-rata tujuannya ke Singapura.

Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik Doni Ismanto dalam sesi jumpa pers terkait benur di Mako Lantamal III Jakarta pada 16 Mei 2024 menjelaskan benih bening lobster itu punya dua nilai, yaitu nilai komoditas itu sendiri dan nilai aset.

Di luar negeri, misalnya Vietnam, harga benih bening lobster per ekor mencapai 1–2 dolar AS atau sekitar Rp15.000–Rp30.000, sementara harga perkiraan ikan (HPI) untuk benih bening lobster mencapai Rp150.000 per ekornya.

Jika menghitung potensi kerugian negara, Doni melanjutkan, perhitungannya dapat merujuk pada angka HPI benih bening lobster per ekor dikali jumlah benih lobster yang diselundupkan.

Dalam kasus penyelundupan benur yang digagalkan Lanal Banten pada 28 Juli malam, maka potensi nilai kerugian negara yang berhasil diselamatkan dapat mencapai Rp10,95 miliar.