Unila panen raya sayuran sambut dies natalis ke-59

id lampung, unila, kampus, perguruan tinggi, universitas, universitas lampung,dies natalis unila

Unila panen raya sayuran sambut dies natalis ke-59

Unila panen raya sayuran sambut dies natalis ke-59. ANTARA/HO-Unila

Setiap pagi dan sore hari, bapak ibu dari setiap fakultas dan unit kerja tampak rajin menyiram tanaman kesayangan masing-masing.

Bandarlampung (ANTARA) - Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-59, Universitas Lampung (Unila) melaksanakan panen raya hasil lomba menanam sayuran di samping kompleks shuttle bus Unila, di Gedongmeneng, Bandarlampung, Kamis.

Kegiatan itu diikuti Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, para wakil rektor, perwakilan setiap fakultas, perwakilan setiap unit kerja, dan beberapa mahasiswa dari Fakultas Pertanian.

Rektor Unila dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh fakultas dan unit kerja yang telah antusias merawat tanaman sejak ditanam pada 16 Agustus 2024.

“Saya melihat antusiasme sangat tinggi dari setiap fakultas dan unit kerja di Unila. Setiap pagi dan sore hari, bapak ibu dari setiap fakultas dan unit kerja tampak rajin menyiram tanaman kesayangan masing-masing,” ujar Prof. Lusmeilia.

Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Pertanian sebagai panitia Dies Natalis ke-59 Unila, karena telah mencetuskan lomba menanam sayuran untuk pertama kalinya.

“Kita patut berikan apresiasi kepada Fakultas Pertanian sebagai panitia yang telah mencetuskan lomba menanam sayuran pada dies natalis tahun ini. Ini adalah kali pertama lomba menanam sayuran dilaksanakan,” ujarnya pula.

Setelah sambutan Rektor berakhir, seluruh peserta perlombaan diminta untuk langsung turun ke lahan memanen sayuran. Setelah dipanen, tanah yang masih menempel di akar dibersihkan menggunakan air, lalu diserahkan kepada panitia untuk ditimbang.

Dalam perlombaan menanam sayuran ini akan dipilih juara berdasarkan beberapa indikator penilaian. Indikatornya, kerapian dalam membuat larikan, ketepatan jarak antarlarikan, keserempakan tumbuh, kepadatan tanaman, ada atau tidaknya serangan hama, performa tumbuh tanaman secara umum, bobot hasil panen, dan kekompakan tim.

Hasil panen sayuran cukup memuaskan. Sayur bayam, kangkung, kailan, caisim, dan pokcoy tampak hijau dan subur saat dipanen. Selain penyiraman yang dilakukan secara teratur, pupuk kompos dari Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Unila.

Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong seluruh sivitas akademika Unila untuk peduli terhadap lingkungan, salah satunya memanfaatkan lahan untuk ditanami sayuran. Selain itu, kegiatan diharapkan mampu memperkuat kerja sama tim di setiap fakultas dan unit kerja di Unila.
Baca juga: Fisip Unila adakan jalan sehat sambut dies natalis ke-37
Baca juga: FMIPA adakan jalan sehat dan festival kuliner Dies Natalis ke-34
Baca juga: Unila gelar lomba memasak peringati dies natalis ke-59