Masuk 15 desa terbaik, Desa Sri Bawono Lampung Tengah ikuti desa BRILian sejak 2019

id lampung, desa brilian, brilian, lampung tengah, kabupaten, daerah

Masuk 15 desa terbaik, Desa Sri Bawono Lampung Tengah ikuti desa BRILian sejak 2019

Masuk 15 desa terbaik, Desa Sri Bawono Lampung Tengah sudah ikut kegiatan desa BRILian sejak 2019. ANTARA/HO

Alhamdulillah kami masuk 15 besar, dan kami bisa mengikuti langkah berikutnya.

Bandarlampung (ANTARA) - Rangkaian program pengembangan Desa BRILiaN batch 1 tahun 2024 telah dilaksanakan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero bekerja sama dengan Pusat Penelitian Pedesaan dan Pengembangan (Puslitdesbangda) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Dari hasil pengembangan desa BRILiaN batch 1 tahun 2024, Desa Sri Bawono, Kecamatan Way Seputih, Kabupaten Lampung Tengah terpilih dan lolos menjadi 15 desa terbaik. Selanjutnya akan dilakukan pendampingan langsung oleh BRI bersama Puslitdesbangda dan LPPM UNS.

Ketua BUMDes Desa Sri Bawono Sueb mengatakan, desa ini terpilih dan masuk 15 besar desa terbaik di seluruh Indonesia. Sebelumnya terdapat 40 desa yang terpilih, dari jumlah tersebut akan menjaring kembali menjadi 15 desa terbaik yang nantinya akan dilakukan pendampingan oleh oleh BRI bersama Puslitdesbangda dan LPPM UNS.

Menurutnya, dengan terpilihnya dan masuk 15 desa terbaik, artinya Desa Sri Bawono akan mendapatkan pelatihan dan pembinaan, untuk menambah wawasan tentang pengelolaan administrasi dan penambahan penggalian potensi desa di desa kami.

“Alhamdulillah kami masuk 15 besar, dan kami bisa mengikuti langkah berikutnya. Semoga kami bisa mendapatkan hasil terbaik dan membawa harum nama Provinsi Lampung,” katanya pula.

Ia menjelaskan, keunggulan dari Desa Sri Bawono adalah dari desa yang lain yaitu BUMDes sudah berjalan dan beroperasi baik sejak tahun 2019 dan pengurus BUMDes selalu berperan aktif dalam kegiatan BRILian tersebut.

“Kami sudah beroperasi dari tahun 2019 dan sampai saat ini, pengurus BUMDes selalu berperan aktif dari kegiatan BRILiaN,” ujarnya pula.

Sueb mengatakan, program ini merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa melalui implementasi praktik kepemimpinan desa yang unggul serta semangat kolaborasi untuk mengoptimalkan potensi desa berbasis Sustainable Development Goals (SDGs).
Baca juga: Program Desa BRIlian, cara BRI promosikan wisata di Lampung Selatan
Baca juga: Desa Karang Pucung menjadi 15 desa terbaik dari desa BRILian