BBWS Lampung sebut 42 unit pompa irigasi gantung telah dimanfaatkan warga

id BBWS lampung, irigasi gantung lampung, sumber air lampung, infrastruktur air lampun

BBWS Lampung sebut 42 unit pompa irigasi gantung telah dimanfaatkan warga

Irigasi gantung yang mengairi sawah milik masyarakat di Rawajitu Lampung. ANTARA/HO-BBWS Lampung.

Kalau dilihat dari sisi jumlah pompa yang dimanfaatkan, total ada 42 unit pompa atau sekitar 50 persen dari total panjang irigasi gantung.
Bandarlampung (ANTARA) - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung Lampung menyatakan bahwa 42 unit pompa irigasi gantung telah dimanfaatkan oleh warga di Ipil Rawajitu guna memenuhi konsumsi air bagi lahan pertanian pada musim tanam dua.

"Irigasi gantung ini memiliki panjang 93 kilometer dan terletak di Ipil Rawajitu tepatnya di tiga desa yaitu Desa Bandar Anom Kecamatan Rawajitu Utara Kabupaten Mesuji, Desa Bumi Ratu, dan Desa Wono Agung Kecamatan Rawajitu Selatan Kabupaten Tulang Bawang," ujar Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung Lampung Roy Panagom Pardede di Bandarlampung, Rabu.
 
Ia mengatakan sebanyak 42 unit pompa yang dimanfaatkan masyarakat di desa sekitar ini mencakup setengah dari irigasi sepanjang 93 kilometer.
 
"Kalau dilihat dari sisi jumlah pompa yang dimanfaatkan, total ada 42 unit pompa atau sekitar 50 persen dari total panjang irigasi gantung. Mudah-mudahan musim tanam dua ini lahan pertanian semua terairi dan berhasil memproduksi komoditas pangan dengan kualitas yang baik," katanya.
 
Dia menjelaskan, untuk pemanfaatan irigasi gantung oleh masyarakat di tiga desa sekitar Ipil Rawajitu, masih terfokus di Bandar Anom dan Desa Bumi Ratu Kecamatan Rawajitu Utara Kabupaten Mesuji.
 
"Di dua desa itu ternyata pemanfaatannya lebih banyak karena sumber air terbatas, dan kami masih berupaya terus mendorong pemanfaatan irigasi gantung ini di Desa Wono Agung Kecamatan Rawajitu Selatan Kabupaten Tulang Bawang," ucap dia.
 
Ia melanjutkan, salah satu upaya yang akan dilakukan untuk meningkatkan pemanfaatan irigasi gantung oleh masyarakat yaitu dengan membuat pertemuan yang khusus menyampaikan manfaat infrastruktur air tersebut oleh masyarakat pengguna irigasi gantung kepada masyarakat lainnya yang belum menggunakan.
 
"Karena kondisi kemarau ini tentu masyarakat membutuhkan sumber daya air, jadi mereka memanfaatkan irigasi gantung ini. Sebab tanaman padi mereka sudah mulai tumbuh serta mencegah adanya gagal panen akibat kekurangan air di lahan pertanian," tambahnya.
 
Irigasi gantung yang merupakan inovasi infrastruktur sumber daya air yang ada di Provinsi Lampung memiliki panjang 93 kilometer dan di bangun pada 2020 dengan pengerjaan selama tiga tahun dengan nilai pagu Rp97,8 miliar.
 
Irigasi gantung tersebut berpotensi mengairi lahan pertanian seluas 3.100 hektare.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BBWS Lampung: 42 unit pompa irigasi gantung telah dimanfaatkan warga