Dompet Dhuafa dan Dinas Kesehatan Pangkep luncurkan program Bidan Untuk Negeri

id Pangkep, Sulsel, Bidan Untuk Negeri, LKC Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa dan Dinas Kesehatan Pangkep luncurkan program Bidan Untuk Negeri

LKC Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan dan Dinas Kesehatan Pangkep luncurkan program Bidan Untuk Negeri. FOTO ANTARA/HO-DOMPET DHUAFA.

Program Bidan Untuk Negeri adalah komitmen kami dalam memperluas akses kesehatan di wilayah 3T
Pangkep, Sulsesl (ANTARA) - Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, pada Rabu,11 September 2024, meluncurkan program inovatif bertajuk "Bidan Untuk Negeri" di Aula Puskesmas Mandalle.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses layanan kesehatan ibu dan anak di wilayah-wilayah 3T (terpencil, terluar, dan terdalam) di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Dalam acara yang dihadiri oleh berbagai stakeholder, Imran, S.Kep., Ns., Koordinator Wilayah LKC Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan, menjelaskan pentingnya program ini untuk mendekatkan pelayanan kesehatan di daerah-daerah terpencil.

"Program Bidan Untuk Negeri adalah komitmen kami dalam memperluas akses kesehatan di wilayah 3T dan mendukung tercapainya 12 indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM). Ini adalah program untuk masyarakat yang didukung oleh berbagai pihak, termasuk Pemerintah Daerah, Desa, dan Puskesmas," ujar Imran.

Hj. Herlina, S.Si., Apt., M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep, turut menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap peluncuran program ini.

“Kerja sama ini menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan ibu dan anak di Pangkep, khususnya di desa-desa dengan akses yang sulit. Kami berharap program ini dapat direplikasi di desa lain di wilayah kami,” kata Herlina.

Program "Bidan Untuk Negeri" bertujuan untuk mendukung misi nasional dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah terpencil. Diharapkan program ini mampu memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat pelosok negeri.

Acara ditutup dengan penandatanganan kerjasama antara LKC Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan dengan beberapa lembaga terkait, yang menandai komitmen bersama dalam mendukung keberhasilan program "Bidan Untuk Negeri".

LKC Dompet Dhuafa: Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa adalah bagian dari Dompet Dhuafa yang fokus menyediakan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat kurang mampu. Melalui program-program inovatif, LKC berkomitmen untuk menghadirkan layanan kesehatan berkualitas dan mudah diakses oleh semua kalangan.

Berita kerja sama