IIB Darmajaya dan PN Tanjungkarang perkuat kerja sama untuk bidang hukum

id lampung, darmajaya, kampus, perguruan tinggi, universtas, institut

IIB Darmajaya dan PN Tanjungkarang perkuat kerja sama untuk bidang hukum

IIB Darmajaya dan Pengadilan Negeri Tanjungkarang perkuat kerjasama melalui penandatanganan MoU (ANTARA/HO-Darmajaya)

Keterlibatan perguruan tinggi dalam proses peradilan dapat menjadi motivasi bagi kedua institusi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan

Bandarlampung (ANTARA) - IIB Darmajaya dan Pengadilan Negeri (PN) Kelas I A Tanjungkarang resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang Tri Darma Perguruan Tinggi di Ruang Command Center Pengadilan Negeri Kelas I A Tanjungkarang beberapa waktu lalu.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kelas IA Tanjungkarang, Lingga Setiawan  dan Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Sutedi.

Dalam sambutannya, Ketua PN Kelas I A Tanjungkarang, Lingga Setiawan menyampaikan bahwa pengadilan menangani berbagai jenis kasus, termasuk perdata, pidana, Tipikor, dan perkara-perkara penyuluhan. Ia pun menekankan pentingnya peran pengadilan sebagai pelayanan pendidikan dan bentuk darmabakti kepada masyarakat.

Lingga Setiawan menyebutkan bahwa MoU ini adalah langkah perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja pengadilan dan memperkokoh kemuliaan ruang sidang sebagai tempat penegakan hukum.

"Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua belah pihak," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik IIB Darmajaya, Dr. Sutedi, dalam sambutannya menyoroti manfaat besar yang diharapkan dari MoU ini bagi kedua belah pihak, baik pengadilan maupun perguruan tinggi.

"Keterlibatan perguruan tinggi dalam proses peradilan dapat menjadi motivasi bagi kedua institusi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan," ungkap dia.

Dr. Sutedi juga menekankan pentingnya pengawasan ketat terhadap mahasiswa yang terlibat dalam program ini.

"Pengadilan sebagai laboratorium hukum yang lengkap dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh IIB Darmajaya juga akan menjadi sarana untuk praktik kerja mahasiswa di pengadilan, serta membuka peluang untuk penelitian dan pengembangan lainnya yang dapat dijalin kerjasamanya," ujarnya.

Hadir dalam penandatanganan ini, dari pihak IIB Darmajaya, antara lain Dekan Fakultas Desain, Hukum, dan Pariwisata, Dr. Handoyo Widi Nugroho, S.Kom., M.T.I.; Direktur Humas, Kerjasama dan Pemasaran, Dian Eka Darma Wahyuni, S.E.; Kepala Bagian Kerjasama, Ketut Artaye, S.Kom., M.T.I.; Kepala Bagian Humas, Aji Saktiyanto, S.I.Kom.; dan Dosen Prodi Hukum Bisnis, Dr. Suratno, S.Pd.I., M.H.

Sementara dari PN Kelas I A Tanjungkarang turut hadir Wakil Ketua Dr. H. Salman Alfarasi, S.H., M.H.; Panitera Harif Jauhari, S.H., M.H.; Sekretaris Arry Rizka, S.T., M.M.; Kasubbag Kepegawaian Devi Kartika Aprilianti, S.E., S.H.; dan Humas Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Hakim Dedy Wijaya Susanto, S.H., M.H.

Untuk pendaftaran mahasiswa baru dapat langsung mengunjungi laman pmb.darmajaya.ac.id. Atau dapat langsung menghubungi narahubung selama 24 jam 08117972244 atau 082306097566.