e-SPPT PBB-P2 tingkatkan penerimaan pajak

id Bogor, Pajak, PBB, Bima Arya, e-SPPT

e-SPPT PBB-P2 tingkatkan penerimaan pajak

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (ANTARA/Linna Susanti)

Kota Bogor (ANTARA) - Wali Kota Bogor, Jawa Barat,  Bima Arya Sugiarto menyebut bahwa inovasi  Surat Pemberitahuan Pajak Terutang elektronik Pajak Bumi dan Bangunan- Perdesaan dan Perkotaan (e-SPPT PBB-P2) berhasil meningkatkan penerimaan pajak daerah karena mudah diakses masyarakat.

 Bima Arya, di Kota Bogor, Jumat, mengatakan sejumlah permasalahan penerimaan pajak PBB-P2 yang selama ini berbentuk cetak sebagian besar dapat diatasi oleh e-SPPT yang dapat diakses melalui aplikasi.
 
"Inovasi pelayanan publik ini dampaknya dirasakan sangat signifikan terhadap penerimaan PBB-P2. Tertinggi di tahun 2021 sebesar Rp 159,25 miliar, meskipun pandemi COVID-19," kata Bima.
 
Menurut dia, inovasi berbasis teknologi informasi ini menghilangkan proses distribusi SPPT PBB-P2, mengefisienkan waktu dan anggaran penyampaian SPPT PBB-P2, memberikan kepastian wajib pajak dimana pun berada dapat menerima SPPT PBB-P2 secara elektronik pada awal bulan Januari.
 
Selain itu, dapat mempercepat dan mempermudah wajib pajak dalam membayar SPPT PBB-P2, memberikan informasi tagihan, pembayaran dan kanal pembayaran, mendekatkan layanan pajak kepada masyarakat Indonesia yang memiliki Objek Pajak Tanah/Bangunan di Kota Bogor.