SKSG UI dan Kemlu luncurkan booklet pariwisata Indonesia

id sksg ui,kemlu ,pariwisata indonesia,pariwisata pascapandemi

SKSG UI dan Kemlu luncurkan booklet pariwisata Indonesia

Sejumlah warga berwisata di kebun teh Gunung Mas, Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/3/2022). Warga memanfaatkan libur Hari Raya Nyepi untuk mengunjungi wisata alam bersama keluarga di kawasan Puncak Bogor. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/wsj. (ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)

Depok (ANTARA) - Sekolah Kajian dan Stratejik Global Universitas Indonesia (SKSG UI) bersama Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri (BSKLN) Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) menyusun booklet pariwisata pasca pandemi 2022.

"Pariwisata sangat krusial, dan ketika pandemi mulai membaik, semoga pariwisata bisa kembali menjadi ujung tombak pemulihan ekonomi," kata Direktur SKSG UI Athor Subroto dalam keterangannya, Senin.

Ia mengatakan pariwisata akan mengambil peran terdepan (dalam pemulihan ekonomi di Indonesia). Model booklet ini saya kira bisa menjadi contoh untuk kegiatan-kegiatan kami ke depan agar bisa memunculkan booklet-booklet lain dalam upaya kontribusi terhadap masyarakat luas.

Booklet disusun dalam upaya pemulihan pariwisata dan perekonomian Indonesia yang sempat menurun sejak awal pandemi 2020 lalu, salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan negara-negara di kawasan Amerika.

Kemitraan ini merupakan wujud dari kolaborasi erat antara pemerintah dan lembaga pendidikan melalui kajian ilmiah yang menawarkan solusi atas persoalan kekinian yang dihadapi oleh Indonesia. Peluncuran ini disiarkan secara virtual melalui Zoom dan kanal Youtube SKSG UI.

Fungsional Diplomat Madya Pusat Strategi Kebijakan Kawasan (SKK) Amerop (Amerika-Eropa) BKSLN Kemlu RI, Listyowati, menjelaskan booklet dengan judul “Booklet pariwisata Indonesia Pasca Pandemi, Pemulihan Pasar, dan Kerja Sama dengan Kawasan Amerika: Perlunya Konsolidasi Nasional" ini berhasil disusun selama enam bulan oleh tim penyusun dari SKSG UI dengan Pusat (SKK) Amerop BKLSN Kemlu RI.

Booklet tersebut berisi rangkuman artikel dari para narasumber acara webinar kolaborasi Pusat SKK Amerop dengan SKSG UI, pada 29 Juli 2021.

"Penyusunan booklet menjadi bagian penting dari rangkaian kerja sama kemitraan antara Pusat SKK Amerop dengan SKSG UI yang telah dikukuhkan melalui nota kesepahaman kerja sama pada bulan Juli 2021. Diharapkan, kerja sama ini dapat bermanfaat bagi seluruh pemangku kepentingan," kata Listyowati.

Plt. Kepala BSKLN Kemlu RI, H.E. Dr. Teuku Faizasyah mengatakan, hampir satu juta pekerja di sektor pariwisata beralih profesi dari sektor tersebut. Pulihnya sektor pariwisata sebagai kunci pulihnya sektor ekonomi pasca pandemi diharapkan dapat berkontribusi dalam pemulihan valuta dan investasi asing dan menumbuhkan 10 - 12 persen dari GDP dalam 5-10 tahun ke depan.

"Booklet ini merupakan sebagian dari tugas pokok BSKLN sebagai tim internal Kemlu RI yang menyusun rekomendasi strategi kebijakan dan pemulihan sektor pariwisata Indonesia melalui potensi kerja sama negara-negara mitra potensial," katanya.

Peluncuran booklet ini sangat tepat momentumnya, karena sektor pariwisata diharapkan dapat membangkitkan pemulihan ekonomi di Tanah Air (terutama di situasi pasca pandemi). Pemerintah juga turut berupaya untuk membuka kembali pariwisata di Indonesia.