Dompet Dhuafa Lampung berikan pendampingan petani lebah madu

id Dompet Dhuafa Lampung berika pendampingan petani lebah madu, Dompet Dhuafa Lampung

Dompet Dhuafa Lampung berikan pendampingan petani lebah madu

Dompet Dhuafa Lampung berika pendampingan petani lebah madu. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa

Pada dasarnya, program ini kami harap dapat membantu mustahiq untuk tumbuh berkembang dengan meningkatnya produktifitas madu sehingga pendapatan ekonominya meningkat, cetus Yogi

Lampung (ANTARA) - Dana zakat merupakan salah satu kekuatan nyata dalam membangun ekonomi umat. Inilah yang menjadi alasan Dompet Dhuafa Lampung dalam menjalankan program pemberdayaan. Dengan harapan, mampu mendorong perubahan mustahiq menjadi muzaki di kemudian hari. 

Salah program pemberdayaan Dompet Dhuafa Lampung pada tahun 2021 ini adalah pendampingan peternak lebah madu di Bangunrejo, Kabupaten Lampung Tengah.

Saat ditemui oleh tim Dompet Dhuafa Lampung pada Jumat (24/12), Ari Setiawan yang merupakan penerima manfaat program ini mengatakan bahwa bantuan yang diberikan oleh Dompet Dhuafa Lampung sangat membantu dirinya dalam mengoptimalkan peternakan lebah madunya. 

Mulanya, Ari Setiawan memiliki cita-cita menyediakan madu murni untuk orang tuanya yang sudah lansia saja. Namun ia memiliki cita-cita lebih besar agar bisa menyediakan madu murni sehat dengan harga terjangkau untuk masyarakat.

“Terkendala akibat kekurangan stup, sehingga produktifitas madunya rendah. Padahal permintaan madu murni cukup tinggi di wilayah tersebut," kata Ari Setiawan.

"Selama dua tahun ini saya ke ke sana kemari untuk cari lebah madu mas, karena saya tidak punya uang untuk membeli stup ya saya pindahkan dahulu ke tempat-tempat tinggal lebah sementara yang dibuat dari batang pohon kelapa." tambah Ari. 

Lebih lanjut, Ari mengungkapkan bahwa lebah yang belum dimasukan ke dalam stup akan beresiko untuk dipanen dan berakibat juga kepada koloni lebah yang akan pergi dari sarangnya. 

Hadirnya bantuan melalui program Dompet Dhuafa Lampung ini diakui Ari sangat membantu dan menambah semangatnya. 

"Terima kasih kepada Dompet Dhuafa dan juga seluruh donatur yang sudah ikut serta dalam kebaikan ini," ucap Ari.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Lampung Yogi Achmad Fajar mengatakan program pendampingan kepada peternak madu ini adalah wujud nyata untuk membantu para mustahiq dalam meningkatkan ekonomi.

"Pada dasarnya, program ini kami harap dapat membantu mustahiq untuk tumbuh berkembang dengan meningkatnya produktifitas madu sehingga pendapatan ekonominya meningkat,”cetus Yogi.

"Selain itu, program bertujuan untuk membantu masyarakat lebih mudah mendapatkan madu murni. Masyarakat sekitar bisa jg belajar langsung bagaimana membudidayakan dan memanen lebah madu melalui peternak yang telah mahir dari hasil Dampingan Dompet Dhuafa Lampung," tutup Yogi.

TENTANG DOMPET DHUAFA
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.