Dompet Dhuafa Yogyakarta edukasi siaga bencana gempa bumi pada siswa TK

id Dompet Dhuafa Yokyakarta, Simulasi Gempa anak TK

Dompet Dhuafa Yogyakarta edukasi siaga bencana gempa bumi pada siswa TK

Dompet Dhuafa Yogyakarta edukasi siaga bencana gempa bumi pada siswa TK. ANTARA/HO-DOMPET DHUAFA.

Yogyakarta (ANTARA) - Dompet Dhuafa Yogyakarta bersama Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Yogyakarta mengadakan pelatihan simulasi siaga bencana gempa bumi  kepada siswa TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta, dengan jumlah partisipan sebanyak 9  murid, pada Hari Jumat (26/4).

Fifi selaku penanggung jawab acara menjelaskan maksud dari pelatihan simulasi bencana gempa bumi ini dilakukan, karena sebagai upaya untuk mengurangi resiko bencana alam dengan meningkatkan pemahaman mengenai kesiapsiagaan bencana alam disemua kalangan lapisan masyarakat dan kali ini kami akan memulainya dari kalangan anak – anak.

"Saya harap adik–adik disini dapat  bersenang–senang mengikuti permainan pelatihan simulasi siaga bencana gempa bumi  ini dengan baik ya, sehingga adik – adik mengerti dan tahu hal apa saja yang harus dilakukan ketika gempa bumi terjadi”, imbuhnya.

Rangkaian acara diawali dengan bernyanyi bersama, kemudian acara inti dikemas dengan bernyanyi bersama serta pemainan yang berisikan edukasi simulasi siaga bencana gempa bumi seperti memberikan pemahanan mengenai gempa bumi. 

Hal apa saja yang dapat dilakukan pada saat gempa bumi terjadi agar tetap aman, seperti melindungi kepala menggunakan  tas, berlindung dibawah meja yang kokoh, menghindari kaca, dan mengamankan diri ketempat yang lebih aman yaitu di halaman terbuka.

Setelah anak-anak berhasil mengamankan diri di tempat terbuka  dan ketika dampak gempa terlalu besar , kemudian dilakukan simulasi evakuasi korban gempa ke tempat yang lebih aman dengan menggunakan kendaaraan.

Adik-anak sangat antusias dengan permainan simulasi siaga bencana gempa bumi ini, dimana mereka sangat bersemangat mengikuti permainan simulasi bersama.

"Kak aku seneng ikut permainan kaya gini, bisa nyanyi bareng, nyoba pakai helm kakak, sama naik mobil bareng – bareng. Aku pengen besok ada kaya gini lagi kak”, tutur Kenezz salah satu murid TK Khalifah.

Kemudian acara diakhiri dengan foto dan istirahat bersama dengan memberikan minuman salah satu produk dampingan program ekonomi Dompet Dhuafa Yogyakarta yaitu minuman Aloe Vera.


Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan lebih dari tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR.