Dekranasda sebut ajang Lampung Craft sarana UMKM naik kelas

id Pemprov Lampung, lampung craft, kerajinan lampung,Dekranasda lampung

Dekranasda sebut ajang Lampung Craft sarana UMKM naik kelas

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari saat membuka kegiatan Lampung Craft 2024 di Bandarlampung, Selasa (7/5/2024). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Bandarlampung, Lampung (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung menyatakan bahwa ajang pameran Lampung Craft 2024 menjadi sarana bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk naik kelas ke tingkat usaha yang lebih tinggi.

"Lampung Craft sudah lima tahun ini dilaksanakan secara konsisten untuk memamerkan produk kerajinan," ujar Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari di Bandarlampung, Lampung, Selasa.
 
Ia mengatakan adanya kegiatan Lampung Craft tersebut selain menjadi sarana memamerkan produk kerajinan tangan dari 15 kabupaten dan kota di Provinsi Lampung juga menjadi sarana membantu UMKM naik kelas.
 
"Penyelenggaraan Lampung Craft sebagai ajang pameran secara konsisten ini menunjukkan keseriusan dan kesungguhan pemerintah daerah dalam mendorong UMKM naik kelas, khususnya UMKM kerajinan," katanya.
 
Dia menjelaskan untuk mendukung UMKM naik kelas diperlukan kerja keras, konsistensi, upaya yang konsisten untuk mengedukasi, membina, sekaligus mengayomi.
 
"Di sinilah Dewan Kerajinan Nasional Daerah sebagai mitra pemerintah daerah melaksanakan perannya untuk melakukan pembinaan serta meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perajin-perajin binaan," ucap dia.
 
Menurut dia, Lampung Craft pun menjadi sarana bagi para perajin binaan untuk memasarkan karya-karya terbaik, sehingga di ajang pameran ini akan ditemukan beragam kekayaan seni budaya Lampung dalam bentuk kerajinan yang bernilai tinggi.
 
"Penyelenggaraan Lampung Craft tahun ini akan ada banyak kegiatan digelar yang bersifat edukatif seperti acara bincang-bincang, sosialisasi bersama para narasumber yang kompeten, di samping penampilan seni budaya dan kreatif lainnya. Jadi, harapannya banyak pelaku UMKM yang bisa mendapatkan jaringan bisnis lebih luas dan karyanya dapat dijual sampai berbagai tempat," tambahnya.