BPBD Lampung Barat: 30 kepala keluarga terisolasi telah dievakuasi

id Bencana hidrometeorologi, BPBD Lampung Barat, jembatan longsor

BPBD Lampung Barat: 30 kepala keluarga terisolasi telah dievakuasi

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Maidar. (ANTARA/HO-Kepala BPBD Lampung Barat)

Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Maidar mengatakan bahwa 30 kepala keluarga yang terisolasi akibat terputusnya akses jembatan karena banjir mulai dievakuasi.

"Kejadian banjir disertai tanah longsor yang terjadi pada Sabtu (30/10) memang mengakibatkan runtuhnya jembatan Waypikah yang menjadi akses jalan bagi warga di Desa Pemangku lima Pikah, Kecamatan Batuketulis," ujar Maidar saat dihubungi dari Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan, pada saat ini 30 kepala keluarga yang terisolir akibat kejadian itu telah mulai dievakuasi.

"Karena jarak desa cukup jauh, upaya penanganan pertama dilakukan dengan mengerahkan masyarakat untuk bergotong royong, sudah diinformasikan kepada camat juga untuk membantu agar warga dapat segera dievakuasi," katanya.

Menurutnya, berdasarkan informasi terakhir kondisi terkini keadaan desa telah mulai normal dan untuk kerugian secara finansial akibat runtuhnya jembatan akan dikalkulasi di kemudian hari.

"Kita yang utama menyelamatkan dahulu masyarakat yang ada disana. Untuk kerugian fisik hanya jembatan saja tidak sampai ke rumah warga, tidak ada pula warga yang cedera," ucapnya.

Dia mengatakan, dengan dimulainya curah hujan yang mulai tinggi, untuk mencegah adanya korban jiwa ataupun kerugian secara finansial telah dilakukan tindakan mitigasi berupa disiapkannya tim serta koordinasi kepada beragam instansi dalam mengantisipasi kebencanaan.

"Untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi sudah kita siapkan tim untuk mengatasi beragam hal di titik rawan bencana, sudah kita bentuk komunikasi dan koordinasi pula kepada instansi terkait ini dilakukan untuk meminimalisir adanya kerugian ataupun korban jiwa," katanya.

Diketahui adanya banjir pada Sabtu (30/10) di Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat telah mengakibatkan runtuhnya jembatan Waypikah yang menjadi akses jalan bagi warga di Desa Pemangku lima Pikah dan akibat adanya hal itu mengakibatkan 30 kepala keluarga terisolir untuk sementara waktu.