Penjabat Bupati Lampung Barat berharap TMMD tingkatkan kesejahteraan warga

id Lampung Barat ,Program TMMD ,PJ bupati Lambar Nukman

Penjabat Bupati Lampung Barat berharap TMMD tingkatkan kesejahteraan warga

PJ bupati Lampung Barat Nukman bersama Dandim 0422 LB Letkol Inf Rinto Wijaya saat menggelar kegiatan pembukaan program TMMD. (ANTARA/HO/Kominfo Lampung Barat)

Lampung Barat (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat, Provinsi Lampung Nukman berharap program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 tahun 2024 dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan pembangunan pekon (desa).

"Apresiasi setinggi-tingginya kepada Kodim/0422 LB yang sudah membuka TMMD. Saya berharap kegiatan ini dapat berjalan sukses dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga meningkatkan kesejahteraan, khususnya masyarakat Pekon Sri Menanti dan Sidodadi, Kecamatan Air Hitam," kata Nukman saat dihubungi dari Lampung Selatan, Rabu.

Ia mengatakan salah satu syarat untuk kemandirian dan kemajuan suatu pekon, yakni memiliki infrastruktur yang memadai. Untuk itu, program TMMD tahun 2024 menitikberatkan pada pentingnya akses jalan yang baik, sehingga diharapkan dapat memperlancar mobilisasi di sektor perkebunan dan pertanian yang mengarah pada peningkatan ekonomi masyarakat.

"Mengingat perkebunan dan pertanian merupakan sektor potensial di pekon Sri Menanti dan Sidodadi, hal ini diharapkan mampu membangun perekonomian dua pekon sekaligus mengupayakan kemandirian dan kedaulatan pekon," kata dia.

"Selain itu, tentunya kita ingin seluruh masyarakat semakin sejahtera, juga infrastruktur jalan semakin memadai, termasuk di pekon Sri Menanti dan Sidodadi ini," katanya.

Nukman berharap dapat menumbuhkan spirit kegotongroyongan demi mewujudkan kemaslahatan umum, baik selama pelaksanaan pembangunan melalui program TMMD maupun setelah kegiatan ini berakhir.

"Saya minta Camat Air Hitam dan Peratin (kepala desa) Sri Menanti dan Sidodadi mengawal dan membersamai pelaksanaan TMMD. Bangkitkan semangat partisipasi dan pemberdayaan masyarakat, sehingga pembangunan fisik maupun nonfisik berjalan lancar, selesai tepat waktu, bermanfaat secara optimal dan berkelanjutan, karena salah satu kunci keberhasilan pembangunan daerah adalah menjaga semangat kebersamaan," ujarnya.

Sementara itu, Dandim/0422 LB Letkol Inf Rinto Wijaya menjelaskan pada TMMD 2024 tersebut dirinya mengerahkan sebanyak 150 personel.

"Kegiatan berlangsung mulai 8 Mei sampai 6 Juni 2024, dengan sasaran pembangunan badan jalan, rehabilitasi masjid, bangun masjid, rehabilitasi rumah tidak layak huni, pembangunan gorong-gorong dan tempat mandi, cuci, kakus (MCK)," katanya.