Kemenag Lampung terus matangkan persiapan pemberangkatan JCH

id Lampung,Bandarlampung,Haji,JCH Lampung,Haji Lampung,Kota.Bandarlampung

Kemenag Lampung terus matangkan persiapan pemberangkatan JCH

Kloter Jamaah Haji asal Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung yang tiba di Asrama Haji, Rajabasa. Bandarlampung pada penyelenggaraan ibadah haji tahun sebelumnya. (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Saat ini kami tengah mematangkan persiapan keberangkatan JCH di asrama haji agar berjalan dengan lancar
Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Lampung terus mematangkan persiapan proses pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) Tahun 1445 Hijrah agar berjalan lancar.

"Saat ini kami tengah mematangkan persiapan keberangkatan JCH di asrama haji agar berjalan dengan lancar hingga Tanah Suci," kata Kakanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo di Bandarlampung, Rabu.

Dia mengungkapkan bahwa semua persiapan telah mencapai 85 persen, dan tinggal tahap pelaksanaan pada Jumat (10/5).

"Sehingga pada Sabtu (11/5) asrama haji telah siap menerima dan menampung JCH kelompok terbang (kloter) pertama Lampung," katanya.

Pada musim haji 2024, pihaknya terus berbenah dalam hal proses pemberangkatan JCH dari tahun sebelumnya, di mana banyak perbaikan dan evaluasi yang dilakukan.

“Tahun lalu kendala ada pada biovisa, sekarang sudah lancar, per visa-an telah beres 100 persen baik petugas maupun jamaah. Berbeda dari tahun lalu visa petugas maupun jamaah hingga jadwal keberangkatan tiba masih banyak yang belum terbit,” kata dia.

Terkait dengan istithaah, pada tahun-tahun sebelumnya jamaah harus lunas terlebih dahulu, baru melakukan cek kesehatan. Namun pada tahun ini JCH diwajibkan untuk istithaah dahulu baru melakukan pelunasan.

“Dengan terlebih dahulu melakukan istithaah, diharapkan, kondisi jamaah yang berangkat ke Tanah Suci lebih sehat dan prima,” kata dia.

Ia mengatakan bahwa sesuai agenda JCH akan memasuki Asrama Haji Embarkasi Antara Provinsi Lampung pada Sabtu (11/5), pukul 08.00 WIB. Dengan kloter pertama JKG 03 Bandarlampung yang terdiri atas 385 calon haji, tiga pembimbing haji daerah (PHD) dan lima petugas kloter.

"Jadi total kloter pertama ada 393 orang yang akan berangkat ke Tanah Suci," ujarnya.

Ia menjelaskan Embarkasi Antara Provinsi Lampung pada tahun ini terbagi dalam 19 kloter di mana gelombang pertama terdapat 10 kloter, dengan delapan akan mendarat di Madinah, dua kloter terakhir turun di Jeddah.

"Kemudian mereka akan melanjutkan perjalanan ke Madinah dengan bus. Setelah delapan hari di Madinah jamaah baru diberangkatkan ke Makkah. Gelombang kedua mendarat di Jeddah langsung menuju Makkah, Miqot bisa dilakukan di pesawat atau di Jeddah,” kata dia.

Ia berharap, kesehatan jamaah harus diprioritaskan, mengingat saat ini masih banyak JCH lanjut usia (lansia) yang harus dijaga staminanya.

"Jadi kami harap untuk pelepasan JCH di kabupaten dan kota dilaksanakan secara sederhana dengan mengurangi acara-acara seremonial. Yang sekiranya tidak diperlukan bisa ditiadakan, guna menjaga kesehatan dan stamina JCH," kata dia.

Baca juga: Kemenag sebut JCH Lampung terbagi dalam 19 kloter

Baca juga: Kemenag Lampung sebut JCH wajib peroleh vaksin meningitis

Baca juga: Kemenag: Daftar tunggu haji Lampung capai 24 tahun