Gubernur Lampung Terima Anugerah Parahita Ekapraya

id penghargaan ,Anugerah Parahita Ekapraya, gubernur lampung, m ridho

Gubernur Lampung Terima Anugerah Parahita Ekapraya

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo untuk ketiga kalinya menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Tingkat Utama tahun 2018. (Humas Pemprov Lampung) (Humas Pemprov Lampung/)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo untuk ketiga kalinya menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Tingkat Utama tahun 2018.
      
"Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2018 untuk provinsi dan kabupaten/kota tersebut diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Perermpuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Yohana Yembise di Istana Wakil Presiden, Rabu (19/12)," kata Kepala Bagian Humas Biro Humas dan Protokol Provinsi Lampung, Heriyansyah, dalam keterangan tertulis yang diterima di Bandarlaampung, Rabu.
      
Turut hadir dalam acara penyerahan penganugerhaan tersebut Wakil Presiden Jusuf Kalla,  Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri  Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.
      
Ia menyebutkan, Provinsi Lampung dalam penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya itu bersama-sama dengan Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat meraih rangking pada kategori utama dan mengungguli Provinsi Banten yang berada di bawah Lampung.
      
Menurutnya, penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya sendiri adalah bentuk aspirasi yang diberikan Presiden RI melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia kepada gubernur/bupati/wali kota yang berkomitmen terhadap pelaksanaan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada daerahnya masing-masing.
      
"Selain itu, terhadap prakarsa dan prestasi yang dicapai dan menunjukkan kondisi dan kesejahteraan orang lain dalam kaitannya dengan pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak." ujarnya.
      
Penilaian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2018 tersebut melalui kegiatan evaluasi dan verifikasi data pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang mana untuk Provinsi Lampung dilaksanakan kegiatan dimulai sejak 22 sampai 23 Oktober 2018 lalu.        Kegiatan evaluasi tersebut sebagai wahana untuk mengkaji dan melihat sejauh mana perkembangan dan kemajuan pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) disegala bidang pembangunan.
      
Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mengungkapkan penganugerahan tersebut adalah bentuk apresiasi Presiden kepada pemerintah Provinsi Lampung atas upaya dan komitmen  menjaga prinsip-prinsip ketersamaan antara hak laki-laki maupun perempuan dengan pelaksanaan  pembentukan kelembagaan pengarusutamaan gender dan menganggarkannya melalui kebijakan dan program yang terus berjalan di Provinsi Lampung.
      
"Penghargaan ini juga didapatkan bukan semata karena kita sendiri tetapi juga karena peran pemerintah kabupaten/kota yang telah melaksanakan kesepakatan bersama untuk melakukan percepatan pelaksanaan strategi pengarusutamaan gender ini," ujarnya.
      
Ia juga mengucapkan selamat kepada Lampung Tengah,  Mesuji,  Lampung Timur, Mesuji, dan Kota Bandarlampung serta Kota Metro yang juga menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya kategori tingkat Pratama dan Madya.
      
"Saya berharap ke depan jumlah kabupaten/kota di Provinsi Lampung yang menerima penghargaan seperti ini jumlahnya akan lebih banyak lagi," tambahnya.