ANTARA meraih penghargaan Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari KKP

id Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari ,ANTARA,antara juara

ANTARA meraih penghargaan Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari KKP

Sebanyak tiga pewarta Kantor Berita ANTARA berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), di Jakarta, Kamis (14/12/2023), untuk kategori foto, kategori media online serta kategori liputan televisi. ANTARA/Sinta Ambarwati

Jakarta (ANTARA) - Pewarta Kantor Berita ANTARA berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Jakarta, Kamis, untuk kategori foto, kategori media online serta kategori liputan televisi.

Penghargaan bertajuk Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari untuk juara I dalam kategori media daring diraih pewarta ekonomi ANTARA Sinta Ambarwati yang membuat artikel berita berjudul “Ubah Rupa Kampung Pelaut Ulung di Timur Indonesia”.

Sinta mempersembahkan penghargaan tertinggi Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari itu sebagai kado Hari Ulang Tahun Ke-86 ANTARA pada 13 Desember 2023 lalu.

“Torehan ini menjadi kado HUT ke-86 bagi instansi tempat saya bernaung, Kantor Berita ANTARA. Semoga capaian ini menjadi pemantik lahirnya pewarta andalan ANTARA lainnya,” kata Sinta.

Pada kategori foto, pewarta foto ANTARA Biro Sumatera Barat Iggoy El Fitra, juga menyabet juara I dengan judul karya “Evakuasi Lumba-Lumba”. Iggoy mengatakan bahwa program anugerah dari KKP merupakan program yang tepat untuk mempromosikan program kerja kepada masyarakat terutama program-program terkait lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

“Semoga ajang ini dapat terus digelar rutin oleh KKP dan cakupan dapat lebih luas termasuk penambahan kategori foto seperti foto cerita,” ujarnya.

Selain itu, pewarta video ANTARA Suwanti meraih juara dua penghargaan kategori liputan televisi dengan karya "Budi Daya Udang Modern dengan Shrimp Estate".

Senada dengan Sinta, Suwanti berharap penghargaan ini menjadi kado bagi Kantor Berita ANTARA yang merayakan ulang tahun ke-86.

“Anugerah ini diumumkan sehari setelah HUT ANTARA ke-86, semoga menjadi kado kecil di hari jadi, sekaligus menjadi ajang pembuktian bahwa ANTARA dapat terus menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas,” ujarnya.

Penghargaan tersebut diberikan KKP dalam rangka Puncak Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan. Selain ketiga kategori tersebut, KKP juga menghadirkan lomba kategori lain meliputi kategori media cetak, kategori media sosial serta kategori video dokumenter untuk internal KKP.

Asisten Khusus Bidang Komunikasi dan Layanan Publik KKP Doni Ismanto menuturkan, Puncak Bulan Bakti Kelautan adalah acara yang menjadi upaya meningkatkan sinergi dan solidaritas di seluruh unit KKP dan akan menjadi kolaborasi pemangku kepentingan.

Ia berharap Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan akan terus menjadi agenda rutin KKP. Adapun proses pendaftaran hingga penjurian Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari (AJSB) digelar pada bulan Oktober hingga 11 Desember 2023.

Doni menambahkan bahwa AJSB yang diinisiasi Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono ini semakin mengundang peminat. Pada tahun ini, terdapat 350 karya yang datang dari semua penjuru Nusantara untuk mengikuti AJSB.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: ANTARA meraih penghargaan Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari KKP