Itera raih predikat informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Provinsi Lampung

id lampung, itera, kampus

Itera raih predikat informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Provinsi Lampung

Itera Raih Predikat Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Provinsi Lampung (ANTARA/HO-Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Capaian membanggakan kembali diraih Institut Teknologi Sumatera (Itera) dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Provinsi Lampung tahun 2023, yang diadakan Komisi Informasi (KI) Provinsi Lampung, di Ballroom Hotel Radisson, Bandarlampung, Senin, (4/12/23).

Itera meraih predikat Badan Publik Informatif dengan skor 94,2 pada kategori PTN. Komisi Informasi Provinsi Lampung menganugerahkan penghargaan tersebut, sebagai bentuk apresiasi terhadap upaya Itera dalam memberikan informasi publik yang transparan dan akuntabel.

Rektor Itera, Prof. I Nyoman Pugeg Aryantha, dalam wawancaranya menyampaikan rasa syukur atas raihan Itera sebagai perguruan tinggi dengan predikat informatif.

Rektor menyampaikan sudah menjadi kewajiban Itera sebagai institusi publik yang mengemban amanah undang-undang untuk memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat.

Rektor menegaskan Itera akan terus berkomitmen menjaga keakuratan informasi dalam upaya mencegah penyebaran hoaks, dan memberikan akses informasi yang mudah didapatkan oleh masyarakat.

Rektor juga menyoroti pentingnya mekanisme dalam pengelolaan informasi agar tidak disalahgunakan, dengan memanfaatkan teknologi informasi  dalam menyediakan dan menyampaikan informasi publik.

“Itera akan terus berupaya menyebarkan informasi secara maksimal dengan memanfaatkan inovasi-inovasi, terutama melalui platform online yang berbasis digital, mobile, dan internet of things (IOT) yang telah kami kembangkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komisi Informasi Provinsi Lampung, Syamsurrizal, menyoroti momen puncak penganugerahan ini sebagai manifestasi dari penilaian keterbukaan publik di Provinsi Lampung.

Menurut Syamsurrizal, penganugerahan ini sebagai bentuk apresiasi untuk badan publik yang berdedikasi dalam memberikan laporan layanan informasi publik dan menjunjung tinggi keterbukaan informasi.

Ia berharap penghargaan ini akan mendorong badan publik di Provinsi Lampung untuk terus mematuhi kewajiban memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto,  menyampaikan pentingnya transparansi sebagai kunci mencapai partisipasi publik yang optimal.

Fahrizal menyoroti bahwa badan publik harus bersikap terbuka mengenai kebijakan dan aspek lain yang dapat memengaruhi masyarakat, sehingga masyarakat dapat turut serta secara aktif.

Fahrizal juga menekankanhak public concern untuk memperoleh informasi adalah salah satu upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan keterbukaan informasi, diharapkan masyarakat dapat lebih cerdas dan aktif berpartisipasi dalam pembangunan dan pengawasan pemerintahan.