10.321 rumah di Lampung terpasang jaringan gas

id Sales Area Head PGN Area Lampung, wendi purwanto, jaringan gas

10.321 rumah di Lampung terpasang jaringan gas

Sales Area Head PGN Lampung Wendy Purwanto (Foto: Agus Wira Sukarta)

Kami terus berkomitmen memperluas jaringan infrastruktur dan pemanfaatan gas bumi di berbagai daerah. Salah satunya di Bandarlampung. Saat ini sudah terpasang 10.321 sambungan gas bumi untuk rumah tangga, kata Wendi
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Sebanyak 10.321 rumah tangga di Provinsi Lampung telah terpasang jaringan gas bumi dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).

"Kami terus berkomitmen memperluas jaringan infrastruktur dan pemanfaatan gas bumi di berbagai daerah. Salah satunya di Bandarlampung. Saat ini sudah terpasang 10.321 sambungan gas bumi untuk rumah tangga," kata Sales Area Head PGN Area Lampung Wendi Purwanto di Bandarlampung, Kamis (26/7).

Ia mengatakan ?sesuai dengan surat penugasan dari Pemerintah Nomor 8086K/12/MEM/2016 tentang Penugasan Kepada PT PGN Tbk ?melaksanakan Penyediaan dan Pendistribusian Gas Bumi Melalui Jaringan Distribusi Gas Bumi Untuk Rumah Tangga Tahun Anggaran 2017 (Jargas RT) salah satunya di Kota Bandarlampung, PGN telah menyelesaikan penyediaan dan penyaluran gas sejumlah 10.321 sambungan rumah.

Menurutnya, berdasarkan surat penugasan tersebut, PGN bukan hanya di wilayah Bandarlampung, namun juga di Kota Mojokerto, Kabupaten Musi Banyuasin, Rusun Kemayoran DKI Jakarta, dengan total seluruhnya berjumlah 28.778 sambungan rumah.

Wendi menuturkan, program Jargas RT ini telah dipasang di 8 Kecamatan Kota Bandarlampung. Khusus Kota Bandarlampung dalam program ini mendapatkan jumlah sambungan terbanyak di antara kota/kabupaten lainnya yakni sejumlah 10.321 sambungan.

"Dari jumlah tersebut secara keseluruhan telah terpasang di lokasi yang telah direncanakan sesuai Front End Engineering Design (FEED)," ujarnya.

Sambungan Jargas RT tersebut, lanjutnya, telah dapat dinikmati oleh warga di 8 kecamatan yakni di Tanjung Karang Pusat, Tanjung Karang Barat, Sukarame, Way Halim, Teluk Betung Utara, Tanjung Senang, Labuhan Ratu, dan Kedaton.

Wendi menambahkan proses pembayaran atas penggunaan gas bumi pun dirasa semakin mudah, pelanggan dapat melakukan pembayaran melalui beberapa cara diantaranya, melalui ATM BRI, Mandiri, BCA, BTN, Indomart, maupun PPOB setempat.

Hingga saat ini, PGN melalui PGASSOL yang merupakan PGN subsidiary telah mengalirkan ke 4.235 pelanggan rumah tangga.

Sebagai informasi, ia mengatakan bahwa masih ada proses yang harus dilaksanakan sebelum pelanggan dapat menggunakan gas bumi tersebut, yakni konversi kompor eksisting.

"Pelanggan tidak perlu membeli kompor baru ketika akan menggunakan gas bumi tersebut, cukup dilakukan konversi saja yakni merubah bagian tertentu dari kompor tersebut," ungkap Wendi.

Saat ini, proses tersebut hampir mencapai 50 persen dari total sambungan Jargas RT yang telah terpasang. Ditargetkan bulan September 2018, seluruh sambungan Jargas RT terpasang akan dapat memasak menggunakan gas bumi.

Wendi menambahkan, PGN akan selalu siap mengemban tugas yang diamanatkan oleh pemerintah untuk memastikan gas bumi tersebut dapat dinikmati oleh warga Bandarlampung dengan aman, komitmen terhadap layanan prima, serta kepastian kontinuitas penyediaan bahan bakar gas bumi demi kelancaran penyaluran kepada masyarakat.

Kepala Bidang Energi Dinas ESDM Provinsi Lampung, Jefri Aldi menambahkan, program Jargas RT yang disusun pemerintah tersebut sangat membantu masyarakat Bandar Lampung dari berbagai sisi, diantaranya adalah gas bumi merupakan sumber energi yang ramah lingkungan, lebih mudah serta aman dalam pemanfaatannya.

Selain itu, tanpa kekhawatiran akan ketersediaannya kapan pun masyarakat ingin menggunakan, serta yang tidak kalah penting adalah lebih murah jika dibandingkan oleh elpiji.

Pihaknya mengharapkan bahwa di tahun berikutnya, pemerintah akan tetap mengalokasikan sejumlah sambungan untuk warga Bandarlampung.?

Bahkan dirinya menyatakan siap mendukung apabila diluar sektor rumah tangga, seperti rumah makan, hotel, cafe, bersedia beralih ke sumber energi gas bumi tersebut.

Warga Bandarlampung yang telah menikmati kemudahan serta murahnya gas bumi PGN adalah Mujian, warga Jalan Amir Hamzah Gang Pemborong itu, hanya perlu membayar Rp19.500 selama menggunakan gas bumi untuk memasak.?

Hal yang sama dirasakan oleh Supartoyo warga Jalan Durian I, dirinya hanya membayar Rp28.500 untuk pemakaian gas bumi selama satu bulan.