Pemprov Gelar Persiapan Pelantikan Bupati-wali Kota Terpilih

id pemprov lampung, kepala biro otda, chandri

...Kita akan menggelar rapat persiapan terlebih dahulu besok, kata Chandri...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung segera menggelar rapat persiapan rencana pelantikan bupati-wakil bupati dan wali kota - wakil wali kota terpilih periode 2016-2021.

"Kita akan menggelar rapat persiapan terlebih dahulu besok, di ruang Asisten I Bidang Pemerintahan Setprov Lampung dengan satuan kerja perangkat daerah terkait serta beberapa instansi lainnya seperti kepolisian, Universitas Lampung, dan PLN," ujar Kepala Biro Otonomi Daerah Provinsi Lampung, Chandri, di Bandarlampung, Senin.

Menurutnya, rapat ini bertujuan untuk melakukan persiapan membahas pelantikan, yang rencananya dilakukan serentak di Provinsi Lampung.

Ia menyebutkan, pelantikan secara serentak itu baru pertama kali dilakukan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung sehingga persiapannya harus matang.

Selain itu, lanjutnya, hingga sekarang baru Pemerintah Kabupaten Pesawaran yang meminta persetujuan penerbitan SK penetapan bupati dan wakil bupati.

Chandri menjelaskan, Gubernur Lampung baru menandatangani penerbitan SK untuk bupati dan wakil bupati Pesawaran kepada Menteri Dalam Negeri, sedangkan kabupaten/kota lainnya, yakni Lampung Timur, Lampung Selatan, Waykanan, Kota Metro, dan Lampung Tengah menunggu persetujuan gubernur untuk dilakukan pengiriman ke Mendagri.

"Hanya Kota Bandarlampung yang belum menyerahkan karena ada gugatan di Mahkamah Konstitusi, sedangkan Pesisir Barat juga harus menunggu setelah pencabutan gugatan berkas di MK," kata Chandri.

Asisten I Bidang Pemerintahan Rifki Wirawan membenarkan adanya rapat persiapan pelantikan bupati dan wali kota terpilih periode 2016-2021.

"Benar besok rapat membahas rencana pelantikan itu akan diikuti oleh beberapa SKPD, dan pihak terkait lainnya, seperti PLN, Polda dan Universitas Lampung," jelasnya.

Ia meminta SKPD hadir untuk rapat besok untuk menyampaikan atensinya serta pembagian tugas dan fungsinya masing-masing mengingat pelantikan tersebut tidak bisa dikelola hanya pada satu dinas saja.

Rencananya Pemerintah Provinsi Lampung akan menggunakan Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung pada pelantikan serentak pemenang pilkada tersebut karena dapat menampung lebih banyak tamu undangan dan lahan parkir yang cukup memadai. (Ant)