550 Peserta Lampung Kawal Sepeda Jakarta-Palembang

id Sepeda

550 Peserta Lampung Kawal Sepeda Jakarta-Palembang

Pesepeda jelajah Jakarta-Palembang mulai meninggalkan pelataran Tribun Lampung menuju lokasi pelaksanaan SEA Games XXVI, di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (5/11) (ANTARA/Agus Setyawan)

Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng yang ikut bersepeda beberapa kilometer mengharapkan jelajah sepeda menjadi bagian dari dukungan kepada atlet nasional yang akan berlaga di SEA Games

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Sebanyak 550 orang pesepeda asal Provinsi Lampung turut mengawal Jelajah sepeda Jakarta-Palembang hingga plaza milenium Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

"Mereka akan mengawal peseda dari tim Jakarta sebanyak 53 peserta jelajah sepeda yang menuju Palembang tempat penyelenggaraan SEA Games XXVI," ujar panitia lokal Jelajah sepeda Jakarta-Palembang, Andi Maulana, di Bandarlampung, Sabtu.

Dia menjelaskan, kegiatan jelajah sepeda Jakarta-Palembang merupakan upaya untuk menyambut SEA Games XXVI yang akan segera digelar di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan 11-22 November 2011.

 "Tadi malam peserta Jelajah sepeda Jakarta-Palembang beristirahat dan bermalam di Bandarlampung, lalu hari ini sekitar pukul 08.00 WIB pesepeda melanjutkan perjalanan menuju Palembang," kata dia.

Sejumlah pejabat di Lampung antara lain Kapolda juga turut melepas dan bersepeda hingga Plaza Milenium Natar Lampung Selatan sebagai dukungan terhadap penyelenggaraan kegiatan itu.

"Mudah mudahan kegiatan ini dapat menjadikan awal yang baik bagi seluruh masyarakat di Lampung untuk turut menyemarakkan bersepeda agar pengaruh pemanasan global tidak semakin tinggi," ujarnya menerangkan.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng yang ikut bersepeda beberapa kilometer mengharapkan jelajah sepeda menjadi bagian dari dukungan kepada atlet nasional yang akan berlaga di SEA Games.

"Kita berharap, ini menjadi bagian dari dukungan kita untuk atlet nasional dalam meraih juara," ujar Andi.

Tim jelajah sepeda yang terdiri atas sejumlah anggota komunitas sepeda di Jakarta, Bogor, Bandung, DI Yogyakarta, Lampung, dan Palembang ini akan sampai di kawasan Jaka Baring pada 9 November 2011.

Andi berencana menjemput tim jelajah saat finish di Jaka Baring, Palembang. Ant.