Spanyol juara Grup B usai kalahkan Albania 1-0

id Piala Eropa 2024, Euro, Timnas Spanyol, Timnas Albania, sepak bola

Spanyol juara Grup B usai kalahkan Albania 1-0

Selebrasi Ferran Torres setelah mencetak gol untuk Timnas Spanyol dalam pertandingan ke-3 Grup B Piala Eropa 2024 lawan Albania di Dusseldorf pada Selasa dini hari WIB. ANTARA/Dok-UEFA

Jakarta (ANTARA) - Timnas Spanyol memastikan diri lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup B Piala Eropa 2024 setelah menang tipis 1-0 atas Albania dalam laga ke-3 di Espirit Arena, Dusseldorf pada Selasa dini hari WIB.
 
 
Gol kemenangan La Furia Roja dicetak oleh Ferran Torres di babak pertama atau pada menit ke-13. Ini juga menjadi gol ke-20 Ferran untuk Timnas Spanyol
 
Kemenangan ini membuat Spanyol mengakhiri fase grup sebagai juara dengan menyapu bersih kemenangan di Grup B. Pasukan Luis de la Fuente meraih sembilan poin dari tiga pertandingan.
 
Sementara itu perjalanan Albania di Euro 2024 harus berakhir di fase grup. Mereka berada di dasar grup dengan hanya meraih satu poin setelah dikalahkan Italia 1-2 dan bermain imbang 2-2 lawan Kroasia, demikian yang dilansir dari laman resmi UEFA.
 
 
Jalannya pertandingan
 
Spanyol yang sudah memastikan lolos ke 16 besar melakukan rotasi pemain. Hanya Aymeric Laporte yang tetap diturunkan sebagai starter dari dua laga sebelumnya.
 
Sementara Albania tetap menurunkan skuad terbaik untuk mengincar kemenangan
 
Pelatih Spanyol Luis de la Fuente mengandalkan Joselu, Ferran Torres dan Mikel Oyarzanal di lini depan.
 
Mikel Merino punya peluang kala menyambut umpan silang Jesus Navas. Namun, tandukannya masih bisa ditahan Thomas Strakosha.
 
Spanyol bisa unggul ketika pertandingan berjalan 13 menit. Dani Olmo melepas umpan terobosan akurat ke Ferran Torres yang menusuk dari sisi kanan.
 
Penyerang Barcelona itu langsung menuntaskannya dengan tembakan kaki kiri mendatar yang gagal dihentikan kiper Albania, Thomas Strakosha. Skor menjadi 1-0.
 
Unggul cepat tidak membuat Spanyol menurunkan serangan mereka. Albania hanya bisa beberapa kali mengancam lewat serangan balik, tetapi upaya mereka belum terlalu mengancam gawang Spanyol yang dikawal David Raya.
 
Skor 1-0 mengakhiri babak pertama.
 
 
 
Memasuki babak kedua, Spanyol langsung menggebrak. Joselu nyaris mencatat namanya di papan skor pada menit ke-47, tetapi tendangan akrobatiknya masih melenceng tipis di sisi kiri gawang.
 
Albania juga mampu memberikan perlawanan.
 
Pada menit ke-66, mereka mendapatkan peluang emas untuk menyamakan skor
 
Armando Broja berhasil lolos ke kotak penalti, tetapi tembakan kerasnya masih bisa diblok David Raya.
 
Fuente memasukkan Alvaro Morata dan Lamie Yamal pada menit ke-72 demi menambah keunggulan. Namun, pergantian itu belum mampu membuahkan hasil.
 
Albania justru hampir mencetak gol di masa injury time lewat tendangan bebas Armando Broja, tetapi laju bola tidak terlalu kencang dan masih bisa ditangkap Raya.
 
Upaya tersebut sekaligus menjadi penutup pertandingan. Spanyol menang tipis 1-0 atas Albania.
 
 
 
Susunan pemain
 
Albania (4-2-3-1): Strakosha; Mitaj, Djimsiti, Ajeti, Balliu; Asllani, Ramadani; Bajrami (Hoxha 70'), Laci (Berisha 70'), Asani (Muci 81'); Manaj (Broja 59')
 
 
 
Spanyol (4-2-3-1): Raya; Grimaldo, Laporte (Le Normand 46'), Vivian, Navas; Merino, Zubimendi; Oyarzabal (Fermin 62'), Olmo (Baena 84'), Ferran (Yamal 72'); Joselu (Morata 72')

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Spanyol juara Grup B usai menang tipis 1-0 atas Albania