Sebanyak 3.000 peserta ikuti lomba melukis meriahkan HUT ke-67 Lampung Selatan

id Lampung Selatan ,HUT Lamsel ,Lomba melukis

Sebanyak 3.000 peserta ikuti lomba melukis meriahkan HUT ke-67 Lampung Selatan

Suasana ribuan peserta lomba melukis antusias mengikuti kegiatan. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Kami mengajarkan menggambar, melukis, dan mewarnai, sosok pahlawan Raden Intan, supaya mereka membayangkan sosok Raden Intan ini seperti apa," katanya

Lampung Selatan (ANTARA) - Sebanyak 3.000 peserta mulai dari pelajar PAUD  sekolah dasar, hingga sekolah menengah pertama, mengikuti lomba melukis dan mewarnai dalam rangka ikut memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-67 Kabupaten Lampung Selatan pada tahun 2023.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Kabupaten Lampung Selatan, M. Darmawan, di Kalianda, Senin, mengatakan kegiatan tersebut adalah rangkaian HUT ke-67 Lampung Selatan serta memperingati Haul Raden Intan 2 yang ke 167 tahun.

"Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan lomba melukis dan mewarnai ini kurang lebih 3.000 peserta mulai dari Paud, SD, SMP," kata dia.

Ia mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk mengenalkan kepada anak-anak untuk lebih mengenal sosok pahlawan Raden Intan.

"Kami mengajarkan menggambar, melukis, dan mewarnai, sosok pahlawan Raden Intan, supaya mereka membayangkan sosok Raden Intan ini seperti apa," katanya.

Ia menjelaskan, lomba mewarnai dan melukis yang digelar tersebut merupakan kegiatan tahunan yang biasa diselenggarakan sebagai wujud syukur atas bertambahnya usia Kabupaten Lampung Lampung Selatan.

Selain itu, lanjut Darmawan, kegiatan itu bertujuan untuk membentuk jiwa kompetisi, kemandirian anak makin terlatih, kepercayaan diri meningkat, dan mengajarkan anak bertanggung jawab dalam melakukan sesuatu.

"Yang ingin kita tanamkan lagi bahwa perjuangan Raden Intan dulu untuk mengusir penjajah dari Indonesia khususnya Lampung," ujar dia.

Dengan adanya kegiatan ini kata dia, diharapkan banyak peserta anak-anak yang mempunyai kreativitas tinggi untuk membangun dan lebih mencintai sejarah pahlawan.

"Agar para peserta lebih mencintai dan menghargai perjuangan dari para pahlawan serta mensyukuri apa yang telah diperjuangkan mereka," ujarnya.